Skip to main content

Membuat Database Koleksi Film di Google Sheet 1

Bagi penggemar koleksi film baik film bioskop maupun film TV, penting sekali mempunyai database koleksi film-film tersebut supaya tidak ada duplikat file yang menghabiskan isi hard disk. Saya sudah berusaha membuat database film dari sebelum pandemi Covid, tapi baru serius mulai pertengahan 2020. Saya belajar banyak sekali fungsi-fungsi Google Sheets pada saat pembuatan database ini dan saya mau kita semua belajar bersama.

Tentukan Target Akhir 

Penentuan target akhir ini penting untuk menentukan seperti apa database yang kita butuhkan. Saya pribadi sudah lebih dari 10 tahun mengkoleksi film dan secara manual mengganti semua nama file menjadi Tahun Bulan Nama Film, dan nanti disimpan di folder-folder per-10 tahun, misal Folder 1990, Folder 2000, Folder 2010 dst. 

Contoh Target Nama File
Contoh Nama File
Database yang baik bukan cuma di Google Sheet file saja tapi juga teratur di hard disk kita. 

Koleksi saya pribadi sementara ini tersebar di 6 hard disk terpisah dan berkat database ini saya bisa mengetahui film mana ada di hard disk nomor berapa dan nama file nya apa. 

Awalnya saya mengganti nama file secara manual, satu per satu, diusahakan rutin tiap akhir minggu. Tapi dengan makin bertambahnya file film yang ada, saya merasakan sekali perlunya otomatisasi database file film saya. 

Kesulitannya, file yang sudah saya ganti nama, menghilangkan informasi tambahan yang kita dapatkan dari internet. Contoh file asli: Margin.Call.2011.1080p.BluRay.H264.AAC-RARBG.mp4  yang saya ubah menjadi 2011 10 Margin Call

Dari file asli kita mengetahui bahwa film Margin Call tahun 2011 ini mempunyai resolusi 1080p, merupakan rekaman dari BluRay dengan kompresi H264.AAC bajakan RARBG. 

Informasi tersebut ternyata penting sekali ketika nanti Anda menemukan ada yang sharing film yang sama di tempat lain. Dengan gampang Anda bisa membandingkan apakah file terbaru itu layak untuk diambil atau tidak.

Maka itu semua informasi ini akan kita simpan di database yang akan kita buat.


1. Mulai Dari Nama File

Database kita akan dimulai dari nama file lengkap tadi. Untuk itu kita akan membuat Google Form untuk memasukkan data nama file film. Buka Google Forms dan mulai dengan yang baru.

Berikan judul Daftar Film, Nama File dan Bulan seperti contoh ini,


Hasilnya seperti ini

Setelah beres, sekarang tekanlah menu Response, tekan Link to Sheet

Tombol Response dan Link to Sheet

Pilihlah Create new spreadsheet dan isi nama yg Anda inginkan, saya pilih Daftar Film, dan tekan Create. Di sini Anda membuat 1 file Google Sheet dengan nama Daftar Film.



Setelah itu, tekan Send (kirim) di pojok kanan atas, tekan tombol Link dan tekan Copy.

Tombol Link dan tombol Copy


Bukalah tab baru di browser Anda, dan Paste (Ctrl+V) link yang tadi sudah Anda Copy. Simpan halaman itu di bookmark Anda untuk memudahkan akses pengisian data.


Terakhir, masukkan beberapa (tidak perlu semua) nama file Anda ke Google Form itu, dan isikan bulan berapa dia tayang di bioskop. 


Demikian langkah pertama untuk membuat database koleksi film. Apabila ada yang kurang mengerti silakan tulis di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE