Skip to main content

Error svchost.exe dan netapi32.dll

Beberapa hari ini komputer aku menghadapi error yang parah. Error itu berjudul Generic Host process for win32 services error dan kalau diselidiki lebih dalam, menyebutkan error pada svchost.exe dan netapi32.dll . Reaksi pertama2 dari Luki mengatakan mungkin ini virus Conflicker, dan reaksi dari Willy juga mengatakan, kalau svchost error biasanya itu berarti kena virus.

http://www.i19777.net/forum/attachment.php?attachmentid=103&stc=1&d=1226049546


Pengecekan lebih lanjut menghasilkan penemuan bahwa benar, system windows aku ternyata terkena worm (bukan virus), namanya kurang jelas tuh, tapi comodo antivirus + firewall tidak mendeteksi worm ini.


Worm ditemukan di msconfig > startup di sana dia menyamar seperti program windows XP asli yang namanya lsass.exe  (s-nya kurang 1). Dari sana ditemukan 1 file aneh di Windows > System32 > driver > lupa nama file-nya dan di Windows > System > lsass.exe yang tidak bisa di delete (begitu kita delete, muncul lsass.exe baru). Jadi cara menghapusnya, menghapus di msconfig atau bisa juga lewat registry. Setelah itu restart dan hapus file itu.


Nah anehnya, error ini masih tetap muncul di komputer aku, walau worm tadi sudah dihapus. Aku sudah double cek dan cek ulang dan ulang lagi, tidak terlihat ada program aneh yang di jalankan. Windows XP yang digunakan adalah Windows XP SP3 yang baru di install sekitar 3 bulan lalu, program dibeli di BEC, 1 buah CD (Bukan DVD) yang isinya cuma Windows XP SP3.


http://www.i19777.net/forum/attachment.php?attachmentid=103&stc=1&d=1226049546


Error terus menerus muncul dan bila error ini muncul, akses LAN dari komputer depan ke komputer belakang terputus, termasuk juga akses internet yang di sharing ke komputer depan. Internet dari komputer belakang tidak ada masalah, walau komputer langsung terasa lebih lambat dari normal biasa. Setelah kehabisan akal, akhirnya memutuskan untuk memformat windows XP ini.Sebelumnya aku scandisk terlebih dahulu, full system repair.


Setelah reinstall, tidak terlihat tanda2 error ini. Tapi keadaan ini tidak berlangsung lama, kira-kira 1 jam kemudian error ini kembali muncul dan benar2 mengganggu. Willy masih berpendapat ini adalah virus, dan meyakinkan aku untuk jangan mengakses drive D, karena kemungkinan virus sudah menyebar di sana. Tanpa buang waktu lagi, aku pun format ulang, install Windows XP ulang.


Hasilnya... betul, tidak mengakses drive D terlihat seperti saran yang tokcer. Aku pun menginstall comodo antivirus + firewall, google chrome, thunderbird, dll dll. Terpikirkan bahwa email-email saya ada di Eudora banyak banget. Thunderbird tidak bisa meng-import nya karena banyak banget. Jadi Saya install kembali juga Eudora dan...


http://www.i19777.net/forum/attachment.php?attachmentid=103&stc=1&d=1226049546



Tada... muncul lagi tuh.. mungkin karena Eudora installer ada di Drive D... kemudian saya restart, seperti yang sebelum-sebelumnya, komputer harus di restart supaya koneksi LAN dan Internet normal kembali. Setelah itu, aku menunggu agak lama baru error ini keluar lagi dan keluar lagi dan keluar lagi, dan restart lagi dan restart lagi dan restart lagi.

Gak ada ide kenapa error ini begitu ngotot, aku memutuskan untuk membersihkan komputer, mungkin kalau bukan masalah software, ini masalah di hardware. aku bongkar komputer itu, aku bersihkan semua-semuanya, semampu aku.. he.he.he. setelah itu, dipasang ulang. Dan kelihatannya berhasil !! Huraaayyy....

Besoknya, karena sore ke malam itu aku menolak nyalain komputer lagi karena stress liat komputer, aku mulai menjalankan komputer seperti biasa, dan kira-kira 1 jam setelah itu tiba-tiba

http://www.i19777.net/forum/attachment.php?attachmentid=103&stc=1&d=1226049546



Gellooooo... pusing deh aku. Mulai aku berpikiran jangan-jangan ini beneran ada virus yang super hebat. Pada pengecekan di Google, aku mencurigai Virus hebat bernama Conflicker yang diusulkan Luki pertama kali. Conflicker ini adalah virus-worm super hebat. Bahkan Microsoft saja sampai takut dan menawarkan US$250,000 untuk yang memberikan info pembuat Conflicker ini. Gile kan.

Tapi aku kok gak yakin ya.. ngapain worm sehebat itu iseng-iseng masuk ke komputer yang kecil-kecilan gini. Agak aneh.. jadi aku juga selain baca-baca soal Conflicker, aku juga mencari info-info lain menggabungkan keyword svchost dan netapi32. Salah satu website mengatakan, harus update ke microsoft, dan setelah update, problem ini langsung hilang tanpa bekas. Ah aku iseng2 lah... kalau berhasil kan gak ada salahnya toh... baca info dari microsoft soal update ini di http://support.microsoft.com/?kbid=958644 apabila problem Anda sama seperti problem saya, langsung aja coba download ke http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?familyid=0D5F9B6E-9265-44B9-A376-2067B73D6A03&displaylang=en

Hari ini, adalah hari pertama sejak installasi update dari microsoft itu, dan internet tidak ada masalah 1x juga. Kesimpulan yang bisa di ambil adalah, Windows XP SP3 yang aku beli di BEC, menggunakan SP3 versi lama, di mana netapi32.dll ada security hole yang berbahaya. Paling enak XP3 ambil langsung aja ke website microsoft dan dapat dipastikan update ini sudah included di sana.

Comments

  1. emang bang gw jg pakai yg non sp3 kena serang conficker. susah banget bersihinnya. akhirnya gw block aja lewat opendns. kayaknya sukses tuh.

    ReplyDelete
  2. pake aja SP3nya Will, soalnya itu sih gratis kok, gak pake cek2 original atau gak... aku aja download langsung dari microsoft dan sukses tuh...

    ReplyDelete
  3. nice share...

    masalah ku jga kya gni mas... udah sering instal ulang tetep aja ngotot muncul tu peringatan...

    tiap restart aplikasi yang sudah terinstal gak bsa di buka lagi...

    aq coba restore cie berhasil... tapi kalo bka lebh dari 3 aplikasi eror lagi...

    kerja CPU jadi berat banget... masa ampe 90%
    mana banyak makan memori.. gmana leptop gak berat dibuatnya..

    ReplyDelete
  4. Mas Aditjo, ternyata masalah aku waktu itu lebih berat dari yg diduga, motherboard aku akhirnya harus diganti dengan yang baru. aku curiga sih gara2 listrik yang gak stabil...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE