Skip to main content

Sparkline pada Microsoft Excel 2010

Apa itu Sparkline ?



Excel LogoSparkline adalah sebuah chart kecil yang berada di dalam cell yang mampu menyediakan representasi data secara visual. Sparkline berguna untuk menunjukkan trends pada sebuah rangkaian nilai (atau data), misalnya pada bulan apa omset di toko saya naik, titik maksimum dan titik minimum dapat di highlight sehingga terlihat di titik mana omset naik dan di titik mana omset turun. Hal ini sangat mempermudah pihak manajemen yang tidak terlalu menyukai melihat angka-angka untuk melihat pergerakan dari penjualan.








Tidak sama pada chart yang ada di microsoft excel, Sparkline bukanlah sebuah object, sparkline sebenarnya adalah chart mini yang ada di background sebuah cell.






Kenapa harus menggunakan sparkline?



Data yang disajikan di dalam baris atau kolom pastinya berguna, tapi polanya sulit untuk di lihat. Nah dengan menggunakan sparkline, pola pergerakan akan langsung terlihat. Dan juga, Anda akan dengan mudah melihat hubungan antara sparkline dan data anda. Ketika data anda berubah nilainya, otomatis pergerakan sparkline pun akan berubah. Jadi ini akan sangat menghemat waktu anda dalam menganalisa pergerakan trends.







Cara membuat Sparkline



Sangat mudah, ini yang saya katakan ketika awal saya mencoba fitur ini.





  • Katakanlah kita mempunyai data sederhana sebagai berikut:









Saya beri Judul Kolom pada G1, dengan judul "pergerakan". Kemudian saya akan arahkan pointer mouse saya ke cell G2, kemudian saya lakukan  seleksi dari cell G2 ke cell G5 seperti pada gambar.










  • Setelah itu yang harus saya lakukan adalah, mengclick menu Insert, kemudian mengarahkan pointer mouse saya ke area Sparklines. Katakanlah saya memilih tipe Line sebagai representasi Trend.









Kemudian akan muncul window "Create Sparklines" yang meminta kita untuk memasukkan Data range








Yang harus kita lakukan adalah menyeleksi data range yang akan di buat chart sparklines nya, dalam kasus ini, yang kita seleksi adalah cell B2 sampai dengan Cell F5, dan tampilan akan menjadi sebagai berikut.








Langkah berikutnya adalah Click tombol OK, dan sim salabim, Sparkline telah terbentuk :)








Setelah sparkline terbentuk selanjutnya hanya perlu memolesnya sehingga semakin cantik dan informatif, dan sekarang saya bisa melihat trend pergerakan yang baik ternyata ada pada toko saya yang terletak di BSM. :) sungguh menyenangkan dan mudah.








Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE