Skip to main content

Mengenal Microsoft OneNote



Microsoft OneNote adalah salah satu keluarga Microsoft office, fungsinya adalah sebagai organizer / notebook yang berguna untuk menyimpan catatan kita. One note juga dapat menampung file-file digital yang kita miliki sehingga kita dapat memiliki sebuah penampungan yang terorganisir dengan rapi.



Microsoft OneNote telah diperkenalkan sejak Microsoft Office 2003, berlanjut ke Microsoft Office 2007 dan sekarang yang terbaru adalah Microsoft Office 2010.



clip_image002



Coba anda perhatikan, layout Notebook / Organizer secara fisik tidak berbeda dengan layout Notebook pada Microsoft OneNote . Secara common sense ini akan sangat mudah untuk dipahami masing-masing fungsinya.




  • Notebook / Organizer memiliki Section yang biasanya kita gunakan untuk membatasi kategori dari masih-masing tulisan, begitu pula pada microsoft one note, kita dapat membuat Section sebanyak apapun yang kita butuhkan.

  • Section pada Notebook dan Organizer pasti memiliki halaman, begitu pula pada Microsoft One Note, anda dapat menyisipkan halaman sebanyak apapun yang anda butuhkan.

  • Kelebihan pada Microsoft One Note adalah, Kita dapat membuat Notebook sebanyak apapun yang kita butuhkan, dan anda pun dapat memproteksi notebook anda dengan password sehingga tidak sembarang orang dapat membuka notebook anda.

  • Notebook anda beserta seluruh file didalamnya akan disimpan kedalam sebuah file, ini akan mempermudah distribusinya (kalau takut filenya dicuri orang, silakan anda password file Notebook anda :) )





Fitur one note yang saya sukai:


Tidak ada tombol untuk menyimpan dokumen :)






Apa yang sudah anda ketikkan atau anda lakukan perubahan di halaman microsoft one note, selalu disimpan pada detik itu juga. Dapat dipastikan anda tidak akan pernah kehilangan apa yang anda catat. ketika anda tutup microsoft OneNote setelah anda gunakan, dan anda buka kembali, anda akan menemukan catatan anda masih tersimpan sama persis ketika anda tutup halaman OneNote Anda.



User Friendly



Ketika pertama kali saya menggunakan one note, saya sama sekali tidak menemukan kesulitan pengoperasiannya, karena layout one note, dapat dikatakan sama persis dengan Organizer / Notebook yang saya miliki. Ditambah lagi fitur drag and drop nya yang sangat mudah digunakan, membuat saya mampu mengorganisir file-file digital saya, dan saya juga dapat mempasswordnya jika saya anggap file-file tersebut bersifat rahasia.



Fullscreen capture 6202010 55453 PM



Terintegrasi dengan keluarga Microsoft Office



  • Misalnya Ketika saya membuat satu task pada one note, secara otomatis task tersebut muncul pada Microsot Outlook, sehingga saya dengan mudah dapat melihat seluruh task yang saya buat di onenote pada Microsoft outlook.



Fullscreen capture 6202010 53832 PM Fullscreen capture 6202010 53900 PM Fullscreen capture 6202010 54301 PM




  • Ketika saya menggunakan Microsoft internet explorer, saya dengan mudah dapat mengirim halaman web yang saya inginkan kedalam halaman one note (membuat copy dari konten halaman web, langsung ke halaman di one note)



clip_image004



Screen Clipping



Fitur Screen Clipping mampu membuat saya menangkap object gambar apapun pada layar monior yang saya inginkan hanya dalam 2 langkah mudah,




  • Tekan Tombol SUPER (yg berlogo window) dan tombol S

  • Block area yang ingin di capture

  • Maka area yang anda capture akan masuk kedalam halaman one note anda (pilih akan masuk page mana)


OCR pada file Gambar



One Note mampu mengenali teks pada file gambar (misal: JPG, GIF, PNG, dll) ini tentunya menyenangkan karena saya dapat melakukan extract teks yang saya butuhkan pada file gambar.



Tahu YunYi Fullscreen capture 6202010 53127 PM Fullscreen capture 6202010 53405 PM



tidak hanya mampu mengekstract teks, ketika anda menginsertkan file ini di halaman one note anda, dan anda melakukan searching teks, apabila teks tersebut ada di dalam gambar ini, maka Microsoft One Note akan mengikutsertakan gambar ini sebagai hasil dari pencarian teks tersebut, sangat membantu sekali apabila anda memiliki ratusan kartunama yang anda simpan di halaman microsoft one note ini, mencarinya akan sangat mudah jika anda sewaktu waktu membutuhkannya.



Fungsi Kalkulator



One note secara alami berfungsi sebagai kalkulator, misalnya anda mengetikkan 2X3= dan anda tekan enter maka hasilnya akan otomasis terkalkulasi.fungsi kalkulator ini juga tidak hanya sebatas X / + – melainkan fungsi akar SQRT(angka)= dan lainnya.



Fullscreen capture 6202010 55004 PM Fullscreen capture 6202010 55207 PM



Dan Masih banyak sekali fungsi dari Microsoft OneNote yang belum dijelaskan disini, anda bisa eksplore sendiri sesuai dengan kebutuhan anda. proses belajarnya pun tidak akan sulit karena user interfacenya dibuat sedemikian rupa supaya mudah digunakan secara natural.






Cara Membuat Notebook Baru pada Microsoft OneNote



Cara membuat Notebook baru pada one note sangat mudah.



Langkah 1.



Buka Microsoft One Note Anda.



clip_image001



Langkah 2.



Anda akan menemui tampilan awal yang kurang lebih seperti ini, Click FILE yang berada di Pojok Kanan atas



clip_image002[6]



Langkah 3.



Anda akan menemui tampilan seperti dibawah ini, Klik NEW untuk membuat sebuah Notebook Baru



clip_image003



Langkah 4.



Pilih My Computer pada bagian “1. Store Notebook On”



clip_image004[6]



Langkah 5.



Ketikkan Nama Notebook anda pada langkah “ 2. NAME”, Kemudian Klik Icon Create Notebook



clip_image005



Langkah 6.



Notebook anda sudah terbentuk :) , Sangat mudah bukan?



clip_image006






Cara Membuat Section pada Notebook Microsoft OneNote



Kita telah belajar membuat Notebook pada One Note, kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membuat sebuah Section pada Notebook yang telah kita buat tadi.



Langkah 1



Arahkan Mouse Pointer anda Pada Tab New Section 1



clip_image001[5]



Langkah 2



Karena Section 1 telah terbentuk, saya akan Rename terlebih dahulu section tersebut, Saya lakukan klik kanan pada tab New Section 1, Kemudian saya lakukan klik kiri pada Rename seperti pada gambar dibawah ini



clip_image002[8]



Langkah 3



Saya ketikkan Judul dari Section tersebut, Section ini saya beri nama dengan Business Intelligence



clip_image003[5]



Langkah 4



Saya Ingin membuat sebuah Section Baru, saya klik kanan pada tab Section yang berjudul Business Intelligence, kemudian saya klik New Section



clip_image004[8]



Langkah 5



Akan Muncul Section Baru berjudul New Section 1, tinggal saya ketikkan judul baru pada section ini



clip_image005[5]



Langkah 6



Section ini akan saya beri nama dengan Data warehouse



clip_image006[5]



Dua Section telah terbentuk, tidak sulit kan membuat Section? :)



Comments

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE