Skip to main content

Tips mencari rumah

http://3.bp.blogspot.com/_AK02YzHLTF4/SQAqUPVgC4I/AAAAAAAAA3g/vYIkFVDWw8o/s400/home-sweet-home.jpg


Mencari rumah idaman benar2 memusingkan kepala nih. Sebagai cowok, saya lebih suka yang praktis dan murah, tapi saya juga berpendapat bahwa karena rumah ini untuk berdua, lebih baik kalau pihak cewek juga suka dengan rumah yang akan di beli. Pada kenyataannya ini malah memperumit keadaan. Apalagi karena cewek aku percaya Kong Hu Chu, jadi dia masih mempercayai ilmu-ilmu aneh yang sudah kadaluarsa. Jadi plus plus pusingnya. :)



Seiring dengan waktu, ada beberapa tips yang bisa dikumpulkan untuk menanyakan soal rumah.



1. Lokasi
Semua orang properti tahu bahwa lokasi itu sangat2 penting. Lokasi menentukan harga. Saran aku, mulailah dengan mencari di lokasi-lokasi yang diinginkan sebelum kemudian pelan-pelan memperluas daerah pencarian. Iklan-iklan di surat kabar jangan dilewatkan, dan iklan-iklan di website agen property pun sebaiknya dilihat. Kadang seiring waktu, daerah yang pertama tidak masuk hitungan, dengan terpaksa kita jelajahi juga.

2. Harga
Tentukan kira2 berapa patokan harga yang kita mampu. Jaman sekarang beli rumah 80-90% menggunakan KPR. Jadi jangan terhenyak dulu mendengar harga rumah yang gila2an diupgrade sama property. Kalau perlu tawar segilanya, karena saya pernah tanya di Mekar Wangi, property yang sama di jual oleh pihak developer lebih mahal 100-200jt dibanding dengan pihak agen property. Yang artinya harga asli yang di minta bisa lebih turun 300-400jt (mungkin).

3. Bentuk
dimana rumah-rumah baru cenderung berbentuk kotak, rumah-rumah bekas banyak yang bentuknya sedikit aneh. Cewek-cewek biasanya suka yang kotak. Walau ada yang bilang, "kalau bentuknya dari luar kecil dan semakin ke dalam semakin besar (ngantong) itu bagus feng shui-nya" tapi biasanya setelah di perlihatkan, mereka akan selalu bilang "kok miring ya?" (cewek emang gak punya sense of nalar.. gmn bisa ngantong kalo gak miring? tul?) Bentuk luar dan bentuk dalam diperhatikan juga. Biasanya semakin tinggi langit2, ruangan akan terasa semakin besar. Tentukan pilihan mau ruang keluarga besar atau ruang tidur besar, biasanya salah satu menjadi korban untuk rumah yang tipe 100 kebawah.

4. Air dan Listrik
Air dan listrik itu penting sekali. Tanyakan listrik yang telah terpasang itu berapa Watt. Tanyakan juga soal air, menggunakan air sumur atau PAM? Ada tempat penampungan air gak? Ada rumah yang menggunakan penampungan air sumur dan PAM di kombinasikan. Ada yang cuma salah satu. Tempat penampungan air penting, karena di Bandung frekuensi air stop itu sekitar 1-2 bulan sekali.

5. Lingkungan
Nah lingkungan itu biasa yang terakhir keliatan, tapi gak kalah pentingnya. Karena saya bukan muslim, maka kondisi "dekat dengan mesjid" itu mengerikan sekali (sorry bagi yang islam). Saya pernah mendapatkan property yang pas di depan toa mesjid posisinya. Walau rumahnya sebagus dan semurah apapun, saya gak akan beli deh. Jadi diperhatikan lingkungan sekitar, keadaan jalan, tetangga-tetangga kira2 orang2 dari mana, dsb dsb.

Nah itu kira2 tips2 dari aku. Kalau ada tambahan lain, boleh di comment ya. Siapa tau aku lupa atau malah gak tau sama sekali.

Comments

  1. hahaha belum kali ko bang....neh ak komen: itu KPRnya kok ga ada DPnya yah?

    ReplyDelete
  2. Erlin emang baek.. ha.ha.ha. coba cek kalkulator KPR yang di BRI, itu lebih lengkap Erl. Aku lagi coba edit2 nih spy bisa di masukkin ke blog :)

    ReplyDelete
  3. wah.. info yg sangat membantu bagi yg mo cari rumah tuh :)

    ReplyDelete
  4. huhaau.. iya betul tips2nya..
    tapi mmg menurut gw sih kalo mo beli rumah, cewek harus liat.. kan tar kita tinggal sama dia..

    kayaknya faktor2 sih ok tuh udah semua.. air cari lah air sumur. dari dulu gw selalu pake air sumur u/ minum, makan, mandi lebih ok kayaknya daripada air2 ledeng..

    beli rumah sebisa mungkin jangan via agen.. terus kalo udah ngincer daerah, kalo bisa sering2 lewatin kompleks2 itu, biasanya suka ada tulisan DIJUAL..

    bang, jangan bete, soalnya gw jg ngajakin maen RO gak semua mao maen RO, ada yg mao ada jg yg gak.. yah wayahna we kadang2 kita kudu maklum yg mao join sesuatu yg kita pengen cmn sedikit.. hauahauha nyambung we ke RO.. :P

    ReplyDelete
  5. Wah Wil, air sumur berbahaya, gak boleh di pakai minum dan makan, kalau cuci2 boleh. seriusan..

    ReplyDelete
  6. iyah sih bang mustinya.. tapi gak tau dari dulu minum terus da.. mungkin mengurangi umur x yah.. gpp lah idup jangan lama2 mending singkat tapi bahagia..wakkaka.

    ReplyDelete
  7. hahahahha bener yah mending singkat tp bahagia drpd panjang tp menderita terus kaya sinetron, panjanggggggggggggggg bgt trus isinya ttg penderitaan si pemeran utama 'ah cape de' btw ga nyambung ama KPR rmh neh hahahhaha

    ReplyDelete
  8. ikut nimbrung ah:
    iya jangan bete ko kalo belom di-comment :)

    "soalnya gw jg ngajakin maen RO gak semua mao maen RO, ada yg mao ada jg yg gak.." --> termasuk gw juga? hahaha

    ReplyDelete
  9. Gak bisa di masukkin ke blog.. silakan lewat link yang aku udah kasih saja, lumayan bagus tuh kalkulatornya dibanding yang BTN.

    Kemarin saya diingatkan lagi dengan faktor Lokasi Lokasi Lokasi, tiga syarat penting dalam mencari rumah. Goez yang mengingatkan aku :) kemarin hari minggu saya berputar-putar mulai dari Cijerah ke Taman Holis Indah sampai ke Taman Kopo Indah III. Ini kesimpulan aku,

    Daerah Cijerah.. waduh jangan pernah ke sana lagi deh.. gile.. daerah pabrik, kumuh, jalanan hancur berantakan. Memang ada beberapa perumahan di Cijerah, seperti Gempol Asri (rumah2nya lumayan bagus, nilai : 6), Bumi Asri (rumah2nya paraaaahhh, nilai : 2), dll. Tapi jalanan menuju ke sana parah banget. rusak banget.

    Taman Holis Indah.. kita yang penduduk Bandung pastilah pernah ke THI sekali dua kali.. kondisinya masih sama seperti jaman dulu kok.. yang memusingkan di THI tuh tiap masuk ke blok tertentu, diujung jalan selalu ditutup gerbangnya jadi kita harus putar arah di jalan yang sempit itu. Rumahnya sendiri, aku menemukan ada rumah-rumah yang bagus di bagian belakang. Ada cluster-cluster kecil culdesac berisi rumah-rumah baru. Untuk ukuran Bandung rumah itu terhitung murah, tapi THI sudah masuk kabupaten, dan menurut aku sih untuk ukuran kabupaten, harganya mahal. Air sumur dan status Hak Guna Bangunan. (nilai : 7.5)

    Taman Kopo Indah III.. Wah susah komentar TKI III nih.. letaknya jauh banget. Ada beberapa rumah yang sudah di renov, kondisi dari luar sih keliatan bagus. Ditiap blok ada penjaganya walau tidak ketat, jalan di TKI III kondisinya bagus tapi menuju ke TKI III itu persoalan lain.. he.he.he. sama seperti THI, harga rumah relatif murah menurut ukuran Bandung, tapi TKI III sudah kabupaten juga. (Nilai : 7.5)

    ReplyDelete
  10. Ada lagi ternyata faktor yang menambah bingung..

    Arah Mata Angin.. ada orang-orang yang menghitung bahwa rumah kita harus menghadap mana.. ada yang bagus menghadap utara, selatan, barat, atau timur.. secara teori, menurut aku sih rumah yang bagus itu menghadap utara atau selatan, timur trus baru barat.

    Kenapa demikian? menurut aku sih, rumah yg menghadap utara atau selatan, itu enak, gak panas banget waktu matahari bersinar, tapi gak dingin banget juga. Bandingkan dengan yang menghadap timur, berarti pagi2 itu panas dan makin sore makin dingin, atau yang menghadap barat yang berarti pagi2 dingin makin sore makin panas... tul?

    ReplyDelete
  11. Setelah membeli rumah, ternyata persoalan gak beres sampai disitu. Beli rumah gak kayak beli komputer di Indonesia, semua sudah di install tinggal pake. Beli rumah itu ibarat beli casing komputer. masih kosong plong.

    Tips menarik adalah, untuk penambahan-penambahan pada rumah-nya itu sendiri, seperti kerangkeng, kanopi, teralis, pompa air, dsb dsb.. ide yang bagus adalah untuk langsung bertanya ke yang bangun rumah itu atau ke mandor yang mengawasi di sana.

    Aku sendiri sudah mengalaminya nih, dan memang benar, karena ini adalah rekomendasi dari developer, maka kita di kasih harga yang murah banget untuk pembangunan kerangkeng dan kanopi. Kenapa? karena setelah di banding-banding sama tukang yang lain, harganya selangit semua. bedanya bisa sampai 100% loh. gile.

    Memang kekurangannya, karena kita bukan tukang besi, kita gak tau kualitas seperti apa yang dikasih sama tukang itu dengan harga segitu.

    Aku sudah lihat kerangkeng yang seharga 11jt, dan moga2 kerangkeng yang aku bikin seharga 7jt itu kualitasnya bagus ya...

    ReplyDelete
  12. Hah? kreangkeng 11 juta?? ck...harga jurig"!

    ReplyDelete
  13. ha.ha.h.a kenapa Cha? emang kan karena kita gak tau kualitas barang yg dia jual, trus kualitas hasil.. ini bener2 barang gelap. Tapi yang 11 jt itu udah liat hasilnya bagus tuh.. mulus

    ReplyDelete
  14. Ko, klo koko mau, koko cari tukang besi di Tasik. Waktu itu bikin rak-rakan untuk toko cici saya di Bojongsoang, teralis dll ga harga jurig. si emangnya suruh ke bandung bisa da.
    Ato mungkin koko jendela n pintunya banyak kali ya jd 11 juta teh buanyakkk.

    ReplyDelete
  15. ohh gak gak, kalau teralis sih Cha, cuma 750rb, orang lain kasih harga 1.3jt. itu kerangkeng lantai 2 yang 11jt di orang laen itu.

    ReplyDelete
  16. benar, tips tersebut emang harus diperhatikan biar g nyesal ntar klu udah ngedapatin rumahnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE