Buat yg berkendaraan ..
Ini adalah tips dalam mengisi bensin:
1. ISI BENSIN HANYA DI PAGI HARI, saat suhu permukaan tanah
masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan
di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai(!)
Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.
Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting
ke slow mode (bisa nggak ya?).
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.
Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.
Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.
3. ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)Karena
semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara
yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang
kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di
dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara
bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.
4. SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi
bensin.
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.
efeknya safe berapa liter? suhu lebih berpengaruh terhadap penguapan aja kok. n no 2 mustinya semakin fast maka kontak bensin dengan udara luar semakin sedikit.jadi mustinya fast.no 3 itu mah buat penunjuk meteran bensin. no 4, mana mungkin lagi diisi tapi ngejual? lagi terima barang tapi ada jual barang? nti periksa terima barangnya kumaha?
ReplyDeletehm ah ne menyesatkan...huahahahaha
foto nya pakai fisheye kali yah..duh bagus eui..
ReplyDeletedl seh ak pernah di kasih tau sodara ak klo isi bensin mendingan malem klo ga sore biar ukurannya bener2 pas...kan klo siang panas jd nguap..yah efek yang di save berapa ga tau jg seh hehehehe
ReplyDeletewakakaka.. sementara topicnya bensin, om macan komentar soal foto..
ReplyDeletebtw, yg no 3 saya masi belon ngerti..
kalo di dalam tempat bensin itu tdk ada udara sama ada udara bedanya gmn? hmm..
waduh ko wil coaba tanya ci est yang mungkin sudah membuka bengkelnya ato robert yang pernah perkerjaannya berhubungan dgn mbl
ReplyDeleteLin, ini rasanya lu pernah posting? skg posting lg? :?:
ReplyDeleteiyah nih gimana ci est dan robert, apakah jawabannya?
ReplyDeletedua orang yg di tanya itu termasuk yg paling jarang baca2 conference... Erlin emang pinter tanyanya.. jadi gak bisa di confirm.. ha.ha.ha. :lol:
ReplyDeleteeh ko bang maksudnya "erlin emang pinter ..jadi gak bisa di confirm" apa yah? ora ngertos :mrgreen: :mrgreen:
ReplyDeletebkn cha yang dl mah tentang tutup bensin...yang ga lama lu posting yang sama trus jd tertuduh plagarism hahahahahaha :D :D
ReplyDeleteHa.ha.ha. gelow
ReplyDeletehahahhahahaha
ReplyDeletetips yang bagus... :)
ReplyDelete