Skip to main content

MAGHA PUJA

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammāsambuddhassa

Dalam satu tahun umat Buddha merayakan empat kali hari raya. Empat hari raya yang diperingati umat Buddha adalah: Vesākha Pūjā, Āsaḷhā Pūjā, Kaṭhina Pūjā, dan Māgha Pūjā.

magha_sermon

Māgha Pūjā terjadi antara bulan Februari-Maret, Vesākha Pūjā terjadi antara bulan Mei-Juni, Āsaḷhā Pūjā terjadi antara bulan Juli-Agustus dan Kaṭhina Pūjā terjadi antara bulan Oktober-November.



Peringatan Māgha Pūjā mempunyai empat ciri, yaitu:

  1. Pada kesempatan itu, hadir 1250 orang bhikkhu.

  2. Mereka semua telah mencapai tingkat Arahatta (khīṇāsava) yang memperoleh penabhisan ehi bhikkhu upasampadā (para bhikkhu tersebut ditabhiskan sendiri oleh Sang Buddha)

  3. Mereka (para bhikkhu), tanpa diundang, hadir di tempat Sang Bhagava.

  4. Dalam pertemuan itu, Sang Bhagava melakukan visuddhi uposatha, membabarkan Ovādapāṭimokkha, di Veluvana Ārāma dekat hutan Kalandakanivāpa, saat purnama senja hari di bulan Māgha.


Pertemuan yang terjadi pada bulan Māgha itu, yang bercirikan 4 (empat) dan dihadiri oleh 1250 orang bhikkhu hanya terjadi satu kali saja pada masa kehidupan Buddha Gotama.


Pada saat itu Sang Buddha membabarkan Ovādapāṭimokkha yang tertuang dalam tiga syair:








Khantiparamaṁ tapo tītikhā
Nibbānaṁ paramaṁ vadanti buddhā
Na hi pabbajjito parūpaghāṭi
Samaṇo hoti paraṁ viheṭhayanto
Sabba pāpassa akaranaṁ
Kusalass’ūpasampadā
Sacitta pariyodapanaṁ
Etaṁ Buddhānasāsanaṁ
Anūpavādo anūpaghāto
Pāṭimokkhe ca saṁvaro
Mataññutā ca bhattasmiṁ
Patañca sayanāsanaṁ
Adhicitte ca āyogo
Etaṁ Buddhānasāsanan’ti
Kesabaran, ketabahan
adalah cara melatih batin terbaik.
Para Buddha bersabda:
nibbāna adalah yang tertinggi.
Seseorang yang melukai orang lain, menyakiti orang lain,
bukanlah seorang petapa, bukan seorang samana.
Tak berbuat segala keburukan,
mengembangkan kebajikan,
menyucikan pikiran sendiri,
ini adalah ajaran para Buddha.
ak menghujat, tak menyakiti,
terkendali dalam tata susila,
tahu ukuran dalam hal makan,
hidup di tempat yang tenang,
berusaha mengembangkan pikiran luhur,
ini adalah ajaran para Buddha

Sīla, samādhi, dan paññā telah diajarkan dengan sempurna oleh Sang Bhagava, Sang Pengetahu, Sang Penglihat, yang Mahasuci, yang telah mencapai penerangan Sempurna, melalui aneka uraian. Sīla diajarkan oleh Sang Bhagava mulai dari yang paling dasar yaitu Pañcasīla Buddhis, sīla yang lebih tinggi yaitu: “Seorang bhikkhu melaksanakan sīla dengan baik, mengendalikan diri sesuai dengan pāṭimokkha, sempurna dalam tindak-tanduk dan bepergiannya, melihat bahaya dari kesalahan dan walaupun kecil terlatih dengan bertekad menaati peraturan-peraturan.

Pelaksanaan samādhi, diajarkan oleh Sang Buddha mulai dari tingkat yang paling dasar yaitu: menggunakan nibbāna sebagai objek, mencapai keteguhan pikiran, mencapai pikiran yang terpusat. Samādhi yang lebih tinggi adalah pencapaian jhana-jhana dari jhana pertama sampai jhana ke empat.


Pelaksanaan paññā diajarkan oleh Sang Bhagava mulai dari tingkat yang paling dasar yaitu mengetahui muncul dan lenyapnya pañca khanda yang mampu menghantarkan lenyapnya dukkha secara benar dengan penembusan total. Pelaksanaan paññā yang lebih tinggi diajarkan oleh Sang Bhagava yang berupa empat ’kebenaran mulia’ yaitu: dukkha, sebab dukkha, lenyapnya dukkha, dan jalan menuju lenyapnya dukkha.


Pelaksanaan samādhi yang dilandasi dengan pengembangan sīla, akan memberi hasil yang besar (mahapphala), memberi keuntungan besar (mahanisaṁsa). Paññā, yang dilandasi dengan pengembangan pikiran (citta), yang dilandasi dengan pengembangan paññā, akan sempurna, terbebas dari segala noda batin, yakni: kāmāsava: noda batin berupa nafsu indria, bhavāsava: noda batin berupa kesenangan kemenjadian, avijjāsava: noda batin berupa ketidaktahuan.


Karena itulah kita patut berlatih dengan tekad seperti demikian ini, ”Kita akan menjadi orang yang berusaha keras dalam tekad menjalankan sīla yang luhur (adhisīla), melatih pikiran yang luhur (adhipaññā). Kita akan berlatih tanpa kelengahan.


Selamat Māgha Pūjā 2552, Semoga Berkah Māgha Pūjā Selalu Menyertai Kita.



Oleh: Bhikkhu Piyadhiro
(15 Februari 2009)

Comments

  1. Tuh aku edit spy lebih enak di lihat.. sebenernya bagus tuh YY, cuma apa gak agak berat? he.he.he.

    ReplyDelete
  2. wah makasih bang.sori ngak ngerti maksud yg bagus dan aga beratnya.yg mana nya neh ? :D

    ReplyDelete
  3. Isinya bagus, cuma agak berat, mungkin gara2 agak susah di baca... atau gak biasa baca ginian

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE