Skip to main content

Wisdom Tooth {updated}

Bagi teman2x yang belum pernah dengar wisdom tooth, itu tuh gigi yang ada di paling belakang dekat tengorokan. (lihat gambar) Banyak dari kita harus mencabut wisdom tooth ini kerana kadang itu bisa cukup menganggu. 

Rencananya hari ini jam 4 sore saya mau operasi cabut gigi "Wisdom Tooth"  Ini rencana operasi sudah dari tahun 2007 tapi kerana sibuk dan ada rasa takut, maka baru kemarin ini saya dengan tekad bulad dan langsung buat appointment ulang dengan dokternya. 

Kebetulan Dorothy juga baru saja operasi wisdom tooth dan sempet ngobrol2x dari minggu kemarin. Weh..ternyata jadi tambah serem.

 

wisdom-tooth


Cara cabut wisdom tooth itu harus dengan cara operasi kecil. Kalau liat videonya itu lumayan ngeri nih..soalnya pas kemarin mau tulis ke blog, saya search di youtube dan nemu video dibawah...

(kalau yg gak kuat mental jangan nonton video youtubenya yah)



Bagi teman2x yang sudah pernah cabut wisdom tooth, bagi2x pengalamannya yah disini.


Update Terkini 19:29pm (setelah operasi)

 

Tadi siang saya coba makan Padang untuk memuaskan diri sebelum dioperasi. Lalu sesuai instruksi dari dokter jam 3 pm saya pun makan tuh 3 macam obat yang terdiri dari:

1) Antibiotic


2) obat Radang


3) obat tahan sakit.



Pas jam 4.0 pm saya ditemani sang istri saya sudah ada di dokter siap melaksanakan operasi gigi, biarpun jantung masih deg-deg an. Ternyata dokternya pun belum ada dan disana sambil duduk menunggu saya pun mulai merasakan agak ngantuk, mungkin obat yang diminum ada obat ngantuknya tuh.

Pas jam 5 pm, dokter pun datang dan sudah mulai panggil pasien ke 1 dan 2. Kira2x 20 menit kemudian, saya dan 1 orang lagi pun dipanggil masuk. Pasien yang ke 3 hanya cabut benang saja, jadi hanya menunggu kira2x 5 menit.  

Kira2x jam 5.25pm saya pun mulai duduk di kursi dan dokter sudah mulai menyuntikan obat bius ke gusi atas dan bawah dimana gigi saya mau cabut. Pada tahap ini saya tanya dokternya..,

"Doc, tadi diluar saya agak ngantuk, apakah obat yang saya makan mengandung obat penenang?"

Dokternya pun menjawab, "Oh iya..ada obat penenangnya seperti pasien ke 1 juga cabut gigi dan tadi cepat dan keluarnya pun tenang kan." 

Dalam hati saya pikir ya lumayan cepet sih 2 pasien cabut gigi makan waktu 20 menit. jadi saya pikir paling lama 30 menit cabut 2 gigi saya pasti sudah beres.

Tidak lama kemudian dokter pun mendekat dan 2 suster pun membantu buka mulut saya tuh.. Gigi saya mulai di bor dan di potong gusinya. Alamak itu darah kayaknya muncrat2x deh soalnya biarpun pipi saya tidak berasa sakit, tapi mulut tiba2x banyak air..he..he..

Tidak lama kemudian dokter tanya, "Kamu ada darah tinggi?"

Saya jawab," Iya. Tapi makan obat dok."

Dokter pun menjelaskan ya itu dia katanya kalau ada darah tinggi atau tegang, darahnya muncrat2x gini. 

mmm...dalam hati saya sih ingin sekali bilang ke dokternya tuh.. beda orang kan kekuatan tahan obat penenang beda tuh...kayaknya yg dokter kasih buat saya tuh tidak ngefek soalnya saya bisa minum kopi terus tidur tanpa masalah. Jadi dosis kecil kayaknya tidak mempan.

Anyway, singkat cerita sih itu dokter kesulitan cabut gigi yg bawah katanya ini gigi besar amat dan kuat amat katanya. Gigi saya di bor dan di belah 2x dan tetap masih kesulitan dicabut tuh.  Dalam hati saya mungkin ini kerana saya pemakan daging sehingga giginya terlatih dengan baik tuh sampai dokternya bilang untuk cabut gigi saya memerlukan "Tenaga Dalam."

Akhirnya dokter istirahat sebentar untuk ganti bor yang lebih besar katanya soalnya bornya gak mempan malah bornya terlepas dari dudukannya sampai 3x tuh. 

"Sus, coba lihat umur berapa ini pasiennya." tanya dokter ke susternya.

"Umur 39 dok." jawab suster

"Coba lihat sekali lagi di daftar nya." ujar dokter dengan penasaran.

Susternya pun mulai melihat dan jawab, " Tiga puluh sembilan dok."

"Wah, biasa orang operasi umur 19 tahun, ini kenapa umur 29 baru operasi?" ujar dokter ke saya.

"Umur Tiga puluh sembilan dok." ujar susternya mengkoreksi dokter yang bilang saya umur 29.

"Masa sih 39? Koq gak kelihatan umur 39??" jawab dokternya.

(Dalam hati saya bangga nih dibilang masih muda sama dokternya he..he..)

"Pantas saja susah nih gigi dicabut soalnya umur segini tuh tulang pas kuat2xnya." ujar dokter ke saya.

Tidak lama kemudian dokter pun suntik lagi obat biusnya soalnya terlalu lama dan saya sudah mulai merasakan nyeri tuh waktu di operasinya.  Dalam masa proses operasi saya pun sambil berdoa kepada Tuhan supaya semuanya berjalan lancar dan setelah itu saya coba tidak menahan ketika dokter coba cabut giginya. Saya pun mulai tutup mata dan mencoba untuk menenangkan diri saja deh soalnya saya pikir kali kerana saya coba tahan sakitnya mungkin otot gusi saya yg buat gigi susah lepas. 

Tidak lama kemudian dokter pun mulai mengerjakan gigi saya yang atas. Saya pikir dokter ini kayaknya gave up cabut gigi bawah dan coba dulu cabut gigi atas kali yah. Untungnya gigi atas sepertinya cuma makan waktu kira2x kurang dari 10 menit tuh dan dokter mulai jahit gusi saya. 

"Dok sudah selesai cabut giginya?" tanya saya ke dokter.

"Sudah beres semuanya tinggal di jahit saja sekarnag," jawab dokter.

Ternyata seluruh proses memakan waktu 60 menit tuh dan dokternya pun kasih discount 100rb. Kali pengalaman baru cabut gigi sebesar gigi macan.

Sekarang saya sudah dirumah dan menurut dokter gusi dan pipi saya pasti akan bengkak kerana gigi yang di cabut harus di korek sampai hancur. Tapi tetap saya berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa kerana sudah menjaga saya selama 60 menit operasi gigi.

Comments

  1. uuaaa, ngeri...takut! mudah2an ga perlu oprasi2an saya mah.
    Tapi tetep weh ini huntu depan, makin maju. renggang, boneng...ck... ´_`

    ReplyDelete
  2. lamun huntu drakula kumaha cha?

    ReplyDelete
  3. wah..bused..sekarang pelan2x obat bius menghilang dan merasakan nyut...nyut..nyut nih.

    Tadi operasi darah muncrat sini sana oi...

    ReplyDelete
  4. wuih gile iyahh.. saya juga gak mao operasi mah, apalagi inget darah muncrat kemana2.. hiiiii serem..

    lucu juga yah harus ada operasi2an cabut2, kalo jaman dulu gimana atuh gak ada yg cabut2?

    ReplyDelete
  5. wah akhirnya beres juga, kalo g menderita pisan.kejadian ini kira kira dimulai 4 tahun lalu rasanya, setelah didesak desak akhirnya menyerah juga di kursi dokter.awalnya dokter nya termasuk golongan cantik, datang pertama di kasih obat , makan rutin 3 hari.hari h di suntik bius, di ketok ketok, di tekan tekan sudah baal, pas tengah jalan sakitnya minta ampun(gigi nya pecah malah, mampus deh g !!!)di tahan sampe di tambah suntik baal tetep ke rasa, n kehel pas dokter nya bilang masa sakit seh !!! gelonya g dah keringat dingin, baju g udah basah eh dia bilang acnya kurang dingin yah !!! akhirnya g putuskan berhenti.kapok ke dokter gigi, tapi karena memang musi di cabut akhirnya tahun kemarin di tuntaskan lagi.beruntung lagi ini dokter tergolong cantik (huahahaha) n g berusaha tabah mengingat sakit, g cerita ke dokter nya mengenai pengalaman ini, n dokter nya baik.sama di kasih obat makan rutin seminggu.n di suntik baal, sama di ketok ketok di tekan tekan udah baal, sayang kejadian terulang lagi pas tengah jalan g kasih tau dok ada terasa , n di suntik lagi.tapi g tetap menyerah ketika dokter yg baik ini mengobati, n dia menyudahi ketika melihat g dah banjir keringat(n melihat g sudah menghabiskan 2 tube suntikan baal).di obati lagi seminggu kemudian datang lagi, kali ini g di suntik, buset tuh suntikan panjang amat, tapi kecil pisan jarumnya,alhasil selesai dengan aman.lanjut ke perawatan, si dokter ini bilang kalo g tukang minum alkohol atau parasetamol ??? g jawab minum sekali sekali, panadol sering minum kalo migran jadi. n ternyata mak menurut dokter, alkohol akan terserap di saraf2 mulut kita, begitu juga dengan parasetamol, jadi bagi yg ke dokter gigi susah di suntik baal mungkin senasib sama g, sekarang g takut untuk minum panadol,tapi kumaha migran g, paksa tidur bangun bangun tambah pusing, alhasil menemukan cara terbaik.paksa olah raga, jadinya sekarang kalau migran jadi, g teu ujug ujug naik turun tangga kantor.huahahahaha.sampe sekarang tetep ke dokter gigi menyeramkan !!!

    ReplyDelete
  6. btw, kalo gak dicabut menggangu yah? kalo tdk terlalu mengganggu mah cuek aja padahal.. terus knp dikasih nama wisdom ya? kalo dicabut tar gak wisdom lagi donk orgnya? hauaha.. gile om macan nyabut gigi dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke 39? :D happy bday yah bos!

    ReplyDelete
  7. wisdom teh naon ? sedikit "kata" orang orang, karena gigi ini tidak terpakai, maka bisa di akali kalo untuk meratakan gigi, jadi ada ruang getu.dulu gigi atas g juga rada rada maju. nah si dokter liat liat gigi g, pake foto segala, tapi akhirnya diputuskan gigi lain yg di cabut karena kebetulan ada tumpang tindih tumbuhnya. di tarik pake kawat gigi sampe sakit tiap gosok gigi tah, ngomong wae jadi cadel(dulu pake yg kawat, biar murah) inget ngak will lagi dulu g disuruh baca sama guru indonesia, sialan di kerjain ama guru !!!, selain itu katanya karena gigi ini terletak di belakang banget, ada beberapa orang yg jadinya tidak baik(menjadi karang gigi karena tidak tersentuh sikat gigi, mengunyah makanan dll) katanya seh getu,gemana om...kenapa di putuskan di cabut ??? mau pasang kawat gigi yg warna warni ya om...kayak artis artis..

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu aku cabut gigi yang belakang itu sih di Drg. Andriyani kalo gak salah namanya, di lengkong. Dokter gigi mahal, tapi gak kerasa sakit sama sekali.

    Gigi aku itu posisinya bobo menghadap depan (di dalem gusi), jadi ketika tumbuh, dia menekan gigi depannya. Masalahnya semakin tumbuh giginya, semakin dia menekan syaraf2 di gusi sebelah dan menyebabkan sering sakit kepala, sering sakit gigi, dll dll (penyakit syaraf)

    Jadi di operasi gigi. di dokter gigi ini, setelah pencabutan gigi, gusi kan bekas gigi kan bolong tuh, dia kasih semacam tambalan obat untuk mencegah infeksi. Obat ini juga lama2 menjadi daging dan aman buat kita. Operasi tidak terasa sakit sama sekali dan setelah operasi di kasih obat penahan sakit untuk malam itu. Selanjutnya tiap hari (kalo gak salah ingat) kita ke dokter gigi itu untuk di "sinar" menggunakan sinar merah selama 1 jam-an. Katanya sih untuk mempercepat penyembuhan. Dan selama itu gak kerasa sakit yang berarti. (Seingat aku malah gak kerasa sakit sama sekali)

    Enak deh pokoknya.. gak enak di kantong aja.. he.he.he.

    Oya yang di cabut itu kiri dan kanan, karena kalo gigi itu biasanya "kembar". Jadi kalo posisi kiri miring, yang kanan juga miring. Biasanya...

    ReplyDelete
  9. bang kata dokter sih kalau gigi dicabut umur lu masih muda gampang dan gak sakit. Coba lu masih ada gigi vice wisdom tooth gak yg mau cabut gw mau tau dibandingin pas lu umur 39. sakit gak ya kira2x..he.he...kata si dokter sih tambah tua tambah susah cabutnya.

    yg gw jg skrg gak terasa sakit sakit amat..cuma susah buka mulut sementara ini..kalau jalan terasa di gusi nyut2x.

    ReplyDelete
  10. yy, gw makan obat cuma 1 jam sebelum di cabut giginya loh gak usah 4 hari berturut2x. Dokter sudah secantik itu kao masih merasakan sakit??

    kalau migrane, coba minum kopi sebelum kambuh migranenya. Kalau kamu sering migrane kan tau sebelum si migrane jadi udah kerasa tuh...langsung minum kopi aja yg mengandung kafein. jangan panadol terus. Kopi kan tergolong bagus juga tuh buat kesehatan bisa dibilang antioxidant (ceunah).

    Dulu saya waktu sekolah dikasih pil tiap hari makan buat migrane. 1 pil harganya us$1 itu 20an thn lalu tah. Sekarang migrane sudah lenyap kerana saya minum kopi tiap hari. Waktu saya tanya dokter ternyata kopi itu si kafein yang bikin sembuhin migrane.

    Migrane yg sudah berat / sudah jadi sakit kepala gak mempan minum kopi 1 jerigen juga. jadi intinya minum sebelum jadi migrane / setelah kita merasakan ada gejala mau keluar tuh migranenya.

    Cobain deh..beneran mujur tuh.

    ReplyDelete
  11. untuk Wily, itu cabut wisdom tooth gw jg gak tau bakal apa jadinya soalnya emang gigi gw keluar 1/5 kali jadi masih terselimbuti sama gusi. Kalau makan suka nyelap dan susah aja keluarinnya.

    Tapi pas kemarin di operasi si dokter bilang..ini gigi atas tuh gak ada pasangan sama yg bagwah jadi suka bikin bengkak gusi bawah. Dulu gw kira kerana makan yang spicy / daging yg agak kasar sehingga gusi luka. Sekarang kalau di inget2x lagi emang gusi yg tutup wisdom tooth itu yg selalu luka.

    Jadi ya gak apa lah berharap dapetin dokter cantik kayak yy toh...

    ReplyDelete
  12. @macan:oh sama ya om migran juga ??? iya kopi selalu di konsumsi jam 14, sekalian untuk melawan ngantuk walaupun tetep ngantuk, mungkin juga karena kopi dan turun tangga migran nya sekarang jauh berkurang. iya dokter gigi yg cantik teh jadi bikin grogi huahaha kan kasian kita buka mulut gede gede hahaha untung kalu pingsan n jatuh dalam pelukan kita hihihihi wah napa ya g dikasih obatnya seminggu eun ? tapi untung dah beres dah..lega sekarang mah...tapi tetep wae masih trauma ke dokter gigi walaupun dokterna cantik cantik cantik...

    ReplyDelete
  13. @mocona: iya bang si dokter gigi g juga bilang getu, semakin kita tua semakin susah, apalagi kalo ada tekanan darah tinggi, kencing manis, susah.kemarin aja g habis 2 tube, kata si dokter teh kalo orang lain pake 2 tube itu besok baru ilang baal na, kamu mah baru 15 menit udah ilang, sampe cape saya suntiknya( dalam ati maknya saya suntik dokter aja hihihi)eh eh di ajak ngomong ama dokter gigi nu geulis naha jadi grogi yah...huahahaha asa salah tingkah.disuruh jangan banyak minum alkohol, minum parasetamol, iya iya wae...eh eh karena pikir perawatan biar murah, g coba ke elim, dokter na muda muda n cantik cantik huehehe n memang murah bersihin gigi cuma 20rb, tambal gigi 35rb sayangnya lubang di gigi g ada 11 jadi bolak balik n tunggu nya yg bikin boringgggggggggg sekarang dah di jkt tak lagi perawatan hahahaha enga ada elim di jkt euy...titah buka kitu nya di jkt :D

    ReplyDelete
  14. yy, lu sebelum cabut gigi berapa lama baru sembuh?

    gua ternyata gak jadi bengkaknya nih..di kompress tapi sekarang hari ini agak kerasa bakal sakit eui... gw juga pake 2 tube panjang suntikannya soalnya gigi blon kecabut udah sakit lagi. apa effect baal selama gitukah?

    kemarin makan bubur terus pas nyelip di deket yg di jaitnya duh serem eui noel pake lidah juga..ha..ha... Pas malamnya gw nonton National Geographic atau apa tuh yg ada film ceritain org hiking jatoh sampe kakinya luka besar sekali dan harus jalan selama 2 hari sebelum bisa di selamatin helicopter. liat lukanya aja serem eui..tapi itu cw kuatan. Katanya sih kerana org sudah dalam keadaan terpaksa, maka si endorsin (kalau gak salah spell) bekerja langsung tutup nerve sakit kita.

    Begitu si cw liat helicopter dan diselamatkan, langsung tuh kaki sakit kembali. Ternyata Tuhan hebat banget ciptkan manusia tuh bisa segitunya yah..he..he.. Science aja gak bisa jelasin gimana caranya.

    ReplyDelete
  15. waduh.... perasaan gw sih ga ampe serem2 gimana deh... untungnya tumbuhnya wajar madep ke atas. Cuma sebelnya mendorong gigi yg depan jadi aja agak2 gingsul...

    ReplyDelete
  16. endorphine adalah zat2 natural di badan kita yang diproduksi bila kita lagi happy. endorphine juga diproduksi waktu kita kecelakaan sehingga kita gak akan merasa sakit yang mendalam pada waktu itu. penahan rasa sakit.

    morphine adalah salah satu obat yang digunakan untuk membangkitkan produksi endorphine. pada pemakaian normal, morphine digunakan dokter untuk memberikan rasa baal / penahan rasa sakit.

    ReplyDelete
  17. kejadian pertama kan gigi patah n berdarah darah, tapi karena g kesal jadinya g keluar paksa, kumaha engke. gigit kapas kasa seharian tah, trus si dokter kasih obat yg pertamanya g ngak makan, tapi karena darahan terus jadi wae makan, n lusanya kering tuh.eh lu sikat gigi ngak ? g mah dilarang, kumur air garam doang.
    kejadian ke dua mah besoknya juga dah kering, cuma makanan yg nyelip jangan di korek tapi kumur air garam lagi, dan lagi lagi tidak sikat gigi dulu selama 2 hari an lah om..punten wae ka sabelah mun HAH na rada bau hahaha

    ReplyDelete
  18. Saya mau tanya. 60menit itu terbilang lama ya? Untuk 2 gigi? Pada masa operasi. Tidak ada sakit khan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE