Skip to main content

21: 2. Hukum Pengaruh 3/4 Siapakah Pemimpin yang Sesungguhnya?

http://sohelpmegod.30fold.com/imagelib/productimages/000/000/001/1720_large.jpgSecara pribadi saya belajar Hukum Pengaruh ini ketika untuk pertama kalinya bekerja setelah lulus kuliah, di sebuah gereja kecil di pedalaman Indiana. Saya masuk kerja dengan semua jabatan yang tepat. Saya direkrut menjadi pendeta seniornya, yang berarti saya memiliki posisi dan gelar sebagai pemimpin dalam organisasi tersebut. Saya punya gelar sarjananya kok. Saya bahkan sudah dibabtis. Selain itu, saya telah dilath oleh Ayah saya yang adalah seorang pendeta yang sempurna dan pemimpin yang baik reputasinya. Semuanya itu membuat riwayat hidup saya meyakinkan - namun tidak menjadikan saya seoarang pemimpin. Pada rapat dewan pertama saya, saya segera tahu siapa pemimpin yang sesungguhnya di gereja itu (akan saya ceritakan keseluruhan kisah ini dalam Hukum E.F. Hutton). Ketika saya pindah ke posisi lain tiga tahun berikutnya, saya telah belajar Hukum Pengaruh. Saya sadar bahwa kerja keras dibutuhkan untuk mendapatkan pengaruh di organisasi manapun dan mendapatkan hak penuh untuk menjadi pemimpin.

[caption id="" align="alignright" width="176" caption="Dan Reeves"]Dan Reeves[/caption]

Kepemimpinan adalah...


Kepemimpinan adalah pengaruh - tidak lebih, tidak kurang. Jika Anda menjadi murid para pemimpin, seperti saya ini, akan Anda kenali tingkat pengaruh orang dalam situasi sehari-hari di sekeliling Anda. Izinkan saya berrikan contoh. Pada tahun 1997, saya pindah ke Atlanta, Georgia. Di tahun itu juga, Dan Reeves menjadi pelatih tim Atlanta Falcons-nya NFL. Saya senang mendengarnya. Reeves adalah seorang pelatih sekaligus pemimpin yang baik. Walaupun terakhir ia menjadi pelatih tim New York Giants, Reeves mengukir reputasinya ketika menjadi pelatih kepala tim Denver Broncos. Sejak tahun 1981 hingga tahun 1992, ia mencapai rekor yang baik, pernah tiga kali muncul di dalam pertandingan Super Bowl, dan tiga kali mendapatkan penghargaan Pelatih NFL Tahun Ini.

Terlepas sukses Reeves di Denver, perjalanan karirnya tidaklah selalu mulus. Ia diketahui tidak sepaham dengan pemain John Elway serta asisteen pelatih, Mike Shanahan. Mengapakah terjadi persoalan tersebut? Katanya, bahwa selama musim bertanding tahun 1989, Shanahan dan Elway terkadang menjalankan rencana permainan mereka sendiri, dan mengabaikan keinginan Reeves.

[caption id="" align="alignleft" width="191" caption="Mike Shanahan"]Mike Shanahan[/caption]

Saya tidak tahu apakah itu benar, namun jika benar, maka Shanahan lah yang lebih berhasil mempengaruhi pemain tim Denver itu ketimbang Reeves. Tidaklah menjadi soal apakah Reeves memegang gelar serta posisi pelatih kepala. Bahkan juta tidak menjadi soal seberapa baiknya Reeves itu sebagai pelatih. Shanahan telah menjadi pemimpin yang lebih berpengaruh terhadap kehidupan pemain tersebut. Dan kepemimpinan adalah pengaruh.

Pada akhir musim bertanding tersebut, Shanahan meninggalkan tim Broncos, namun ia kembali pada tahun 1995 sebagai pelatih kepala tim tersebut. Akhirnya, ia mendapatkan gelar posisi yang jelas-jelas telah diperolehnya dalam hal pengaruh terhadap beberapa pemain: yaitu sebagai pemimpin mereka. Dan kepemimpinan itu sekarang membuahkan hasil. Pada bulan Januari 1998, ia memimpin tim Denver Broncos serta John Elway meraih kemenangan mereka yang pertama dalam pertandingan Super Bowl.

Selanjutnya : Kepemimpinan Tanpa Pengungkit

Comments

  1. hohohoho
    akhirnya saya beres juga baca nya, ternyata udah kelewat 4 artikel :)
    rame ya cerita ttg begini teh, bahasa ga berat, tp banyak pengetahuannya..

    ayo ko bang, yg berikutnya..
    hahaha..
    saya mah jd pembaca setia :D

    ReplyDelete
  2. huehe.. jadi intinya sih kepemimpinan adalah pengaruh.. contoh bos mempengaruhi karyawan2nya u/ bekjerja.. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE