Skip to main content

kamera

awal nya terlibat pembicaraan dengan anne ttg kamera, hm mungkin Bambang (karena background kerja :D ) atau Willy(background gonta ganti kamera :D ) bisa kasih pencerahan lebih detail.
Saya coba mengulas sejauh yang saya ngerti(mohon maaf kalau penjabarannya salah) :D 
Kamera sebenarnya adalah alat penagkap gambar, yang akhirnya setelah di tangkap, di simpan dalam bentuk 2d(baca:2 dimensi) yaitu foto(dilapangan di sebut kamera), dan 3d(dilapangan disebut cam recorder) yaitu film. 
, yuk kita bahas :

images



1.Analog / digital
analog dalam arti media penyimpan masih pakai film, kamera jaman dulu kalo mau foto-foto pasti ada pembicaraan seperti " beli filmnya dulu eh, ambil yang asa 400 yah..."  cara kerjanya sederhana, film di bakar oleh pencahayan ketika lensa terbuka. jepret simpan dan nanti di matangkan di kamar gelap remang remang dengan obat obat khusus(dilapangangan di sebut di "cuci")  baru bisa di cetak.pokonya 1filem = 1foto ukuran berapa pun sikat terus. jepret jepret n datang ke tukang foto minta cetak muncul sebesar 2r, 4 r, 8r atu jumbo atau apa lah... jepret jepret "euy film beak meuli heula...tong poho asa 400 nya", jepret jepret alah sia batre beak, mang meuli batre abc pasang pasang jepret jepret lagi. :D

leica3fcanon35mmcp7

 digital  dalam arti media penyimpanan memakai kartu elektronik. macam2 jenisnya sekarang, rasanya lebih umum memakai micro sd dengan pertimbangan ukuran yg sangat kecil tapi kapasitas sudah besar. cara kerja sama , yi:/ dengan menangkap pembakaran cahaya ketika lensa terbuka, perbedaan ketika penangkapan pembakaran cahaya dipengaruhi oleh software dulu baru di simpan dalam format macam2, misal jpeg, avi dsb.tidak meninggalkan versi dari jenis kamera, kalau tidak salah dfox untuk canon. format ini bertimbal balik dengan hasil penangkapan gambar dan ukuran file.  ukuran mau kecil bisa dipilih dalam format jpeg, hanya saja peng kaya an warna berkurang. dan sebaliknya. ngak usah masuk kamar remang remang alias di cuci bisa langusng di cetak, tapi sekarang terkenal kata kata retouch.  sekarang waduh memory dah hampir habis bentar bentar , klik klak klik syut(gubrak bisa saja terjadi kalo lagi nyeting2 di tangga ngak liat :D )  oke jepret jepret duh batre abis, dan alhasil manyun karena di pantai ngak bisa nge charge :D  yuk sekarang kita bahas kamera digital.

0480_nikond40_slr

1. ngebedain kamera digital ? cara gampang lihat kalo kamera ngak ada tempat film, ada layar, yah ada tulisan digital kamera :D

2. SLR, DSLR, TLR , POKET  n lain lain?
ini membicarakan lensa nya.
 SLR = Single Lens Refleks, hampir sama dengan DSLR = ini adalah jenis kamera yang paling umum, ciri utama dari SLR adalah lensanya cuma satu. Sinar yang dilewatkan oleh lensa, dipantulkan oleh sebuah cermin ke arah prisma di atas cermin lalu ke lobang ngintip di belakang kamera.
TLR, Twin Lens Reflek. kamera TLR memiliki dua lensa di bodi-nya (atas-bawah). lensa yang di atas berguna untuk meneruskan cahaya ke cermin untuk memantulkan ke lobang ngintip di atas kamera.lensa yang bawah meneruskan cahaya langsung ke film. kamera ini juga memakan film format medium (lebar 6cm).-> see ada film nya loh.
POKET, lensa sederhana hanya untuk bisa tangkap gambar saja, biasa di aplikasi kan pada kamera2 sederhana contoh hp.

3. MegaPIXEL
Sejauh ini kamera 100 mega pixel = "emang lu mau cetak sampe ukuran berapa?", karena digital, maka penangkapan pembakaran cahaya disimpan dalam bentuk titik-titik yg di sebul pixel(karena sangat sangat kecil), jadi jika foto di set kertas 1x2 cm(cth, kenyataan di lapangan sangat banyak variasinya yg sudah disediakan kamera bukan dalam ukuran cm tapi jumlah kali dari si pixel), nah jadi kalau pilih 1x2 dan kamera kita 1mpixel maka artinya dalam media 1x2 itu ada 1juta titik. nah kalau pengen jadi 2x4 ini kan di perbesar 4 kali maka besarnya titik menjadi 4 kali juga, nah ini lah yg akhirnya di bilang duh ngak bisa diperbesar euy, pecah. nah kalau misalnya punya 10mpixel, jadi di dalam1x2 kamu punya 10juta pixel katakan lah yg 1x2 dengan 1juta pixel diperbesar 4 kali jadi pecah maka 1x2 dengan 10jt pixel akan pecah ketika diperbesar 40kali = 20x40 cm. bgeitulah kira kira penjelasan bahasa awam ttg pixel. lantas kalau cetaknya cuma 4r doang ngak ada beda dong yg 1m dan 10 m, betul, karena mata kita tidak bisa membedakan pixel nya, tapi kalau mau lebih jauh misal mau ambil sebagian gambar dan di perbesar nah ini baru bermasalah.

megapixel-print-size-chart

4.ISO = ASA
kira kira begitulah orang awam mengartikannya, dulu beli asa 400 biar ngak ada banyangan(kalao diera digital di bilang noice).nah digital pakenya ISO, semakin tinggi maka kekuatan kecepatan penangkapan pembakaran cahaya jauh lebih baik.lebih awam lagi kalau orang jalan di foto ngak berbayang.getu lah kira kira.tapi ingat karena digital penyimpanannya pake s/w maka hasil pembakaran yg mau disimpan perlu waktu ini lah makanya willy suka suruh kita diem 3 detik :D nah ada yg muncul sekarang anti goyang, ini trik trik an saja jadi foto, lu goyang dikit gambar ngak berbayang, padahal ini mengurangi sensitif perubahan gambar yg ditangkap, perhatikan saja hasil gambar yg muncul di layar ketika kamu goyangkan kamera apa gambar langsung ikut berubah ? selain itu pengaruhnya adalah cahaya, kamera dulu lu liat lewat terowongan :D , sekarang ngak pake ngintip2 liat di layar, kadang hasil di layar tidak sesuai dengan hasil foto, dilayar dah bagus warnanya romatic eh pas di jepret malah item. kira kira ini lah arti dari ISO.

5.Menu
nama nya era s/w maka kamera sekarang sudah di lengkapi dengan menu otomatis, dulu di cuci ,sekarang di retouch, maksudnya diperbagus pake software.

cameradisplayoverlay_animat

ya sejauh ini saya baru ngerti kamera kayak gini. mohon pencerahan dari yg expert :D , gambar menyusul yah...

Comments

  1. ISO = sensitifitas.. jadi semakin tinggi ISO semakin sensitif film-nya... makanya biasa kalo foto di ruangan, pake ISO yg tinggi.. biar terang hasilnya


    Trus buat apa ISO 100 dan 200? mending pake ISO 400 aja terus
    Nah.. sensitifitas berbanding lurus dengan grain/noise (bahasa awamnya titik2 pecah).. semakin tinggi ISO, semakin banyak grain-nya
    Dan sebaliknya, semakin kecil ISO, gambarnya semakin mulussssss...


    Trus gimana caranya spy mulus tapi gak banyak grain?
    dengan menggunakan ISO rendah beresiko gambar belum sempat direkam, lobang kamera (rana) sudah tertutup, sehingga hasilnya gelap.
    Maka-nya kalo di potret sama Willy pake acara 3 detik diam, dia pake ISO rendah (100) untuk memotret dikeadaan yg remang2. Willy stel rana-nya dibuka lebih lama dari normal.

    ReplyDelete
  2. oh jadi penjabaran g terbalik yah...wuah ann terbalik ceunah...:D maap maap

    ReplyDelete
  3. Pakai D700 kan CCD besar jadi di iso 1600 juga masih ok. CCD lebih besar ISO bisa lebih tinggi dan tidak pecah2x kayak iso 800 di film biasa.

    ReplyDelete
  4. Nah Macan udah jelasin 1/2 tuh..

    Apa bedanya 10 MegaPixel (MPx) di kamera HP, kamera kecil, dan kamera SLR?
    Perbedaan muncul dari kualitas gambar yang kita dapatkan. Semakin kecil sensor untuk menangkap gambar pada sebuah kamera, biasanya berpengaruh pada kualitas gambar tersebut.

    Makanya Macan bilang, CCD (salah satu sensor kamera) pada kamera D700 ukurannya besar. Hasilnya pada ISO 1600 juga, kualitasnya lebih bagus dari ISO 800 pada kamera biasa.

    ReplyDelete
  5. hehehe.. sip2 ko yy
    ko bang, jd apa artinya iso 3200?
    ktnya lbh bgs iso 3200 dibanding yg 1600
    hehehe

    ReplyDelete
  6. Ah....nofie ga mudeng.Tapi yang pasti kamera mah kudu ada kemana2..hahahhaha ( dasar narsisss )

    ReplyDelete
  7. eh lebih detail dong ccd.iya ann iso 3200 tuh lebih peka, jadi kalau kondisi tidak memungkinkan foto terang dia masih bisa.alias teori dasar kamera yg menangkap pmebakaran cahaya.nah iso tinggi peka akan hal ini, tapi ya itu tadi seakan akan tidak real menangkap pembakaran cahaya, kalau dipaksa pake iso rendah, lebih real tapi musti diem dulu 3 detik.

    ReplyDelete
  8. nambahin .. di kamera yang bagus, biasanya meskipun isonya tinggi biasanya tetep jelas. gak bintik2 alias burem..

    ReplyDelete
  9. eh kalo gitu buat apa iso tinggi ? soalnya semakin di sediakan iso tinggi harga semakin mahal.

    ReplyDelete
  10. Iso tinggi untuk motret yang memerlukan sensitifitas tinggi dan kecepatan tinggi.. misal km potret orchestra nih.. kan gak bisa pake blitz.. nanti si Willy mabok.. tapi kalo gak pake blitz gelap dan burem... pake iso tinggi.. gitu lho

    ReplyDelete
  11. bener2.. jadi kalo mo moto orkes gw pake poket pasti butut.. harus motret pake SLR yang ISO nya bisa tinggi.. jadi bisa lumayan tajam, dan please no blitz.. :D

    ReplyDelete
  12. thanks atas info menariknya.. say suka ama kamera

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE