Skip to main content

21: 2. Hukum Pengaruh 4/4 Kepemimpinan Tanpa Pengungkit

http://sohelpmegod.30fold.com/imagelib/productimages/000/000/001/1720_large.jpgSaya kagum dan hormat pada kepemimpinan teman baik saya, Bill Hybels, pendeta senior dari Willow Creek Community Church di Barrington Selatan, Illinois, gereja terbesar di Amerika Utara. Kata Bill ia percaya bahwa gereja adalah lembaga yang paling sarat dengan kepemimpinan dalam masyarakat. Banyak usahawan yang saya kenal terkejut ketika mendengar pernyataan tersebut, namun saya rasa Bill benar. Apakah dasar dari keyakinannya itu? Kepemimpinan berdasarkan posisi tidaklah berlaku dalam organisasi di mana anggotanya bergabung sebagai sukarelawan. Karena tidak memiliki pengungkit - atau pengaruh - ia menjadi tidak efektif. Dalam organisasi-organisasi lainnya, orang yang memegang posisi kepemimpinan memiliki pengungkit yang luar biasa. Dalam militer, para pemimpin dapat menggunakan pangkat dan, jika upaya lainnya gagal, dapat melempar orang ke dalam penjara. Dalam bisnis, para boss memiliki pengungkit luar biasa dalam bentuk gaji, tunjangan, serta kesejahteraan. Kebanyakan pengikut akan bersikap kooperatif jika nafkahnya menjadi taruhan.




[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Willow Creek Community Church"]Willow Creek Community Church[/caption]

Namun dalam berbagai organisasi yang para anggotanya adalah sukarelawan, seperti gereja, satu-satunya hal yang efektif adalah kepemimpinan dalam bentuk yang paling murni. Para pemimpin hanya memiliki pengaruh untuk membantunya. Dan seperti yang disimpulkan oleh Harry A. Overstreet, "Inti dari segala kuasa untuk mempengaruhi terletak pada kemampuan membuat orang lain berpartisipasi." Para pengikut di beerrbagai organisasi yang anggotanya adalah sukarelawan, tak dapat dipaksa. Jika sang pemimpin tidak punya pengaruh terhadap mereka, mereka tidak mengikutinya. Ketika baru-baru ini saya sampaikan hal ini kepada kira-kira 150 orang Direktur Utama dari industri mobil, saya melihat semuanya seperti mendapatkan inspirasi. Dan ketika saya berikan nasihat, mereka benar-benar bersemangat. Saya akan memberikan nasihat yang sama kepada Anda: Jika Anda seorang usahawan dan benar-benar ingin mencari tahu apakah orang-orang Anda mampu memimpin, utuslah mereka untuk memberikan waktunya sebagai sukarelawan di komunitas. Jika mereka dapat membuat orang lain mengikuti mereka sementara mereka melayani di Palang Merah, tempat penampungan United Way, atau gereja setempat, maka Anda tahu bahwa mereka benar-benar punya pengaruh - serta kemampuan memimpin.




LincolnDari Komandan Turun Menjadi Ajudan


Salah satu kisah kegemaran saya yang mengilustrasikan Hukum Pengaruh ini adalah menyangkut Abraham Lincoln. Pada tahun 1832, bertahun-tahun sebelum ia menjadi presiden, Lincoln yang ketika itu masih muda berkumpul bersama sekelompok pria untuk berjuang dalam Perang Black Hawk. Di zaman itu, para sukarelawan milisia sering kali menjadi pemimpinnya dan mendapatkan pangkat komandan. Dalam hal ini, Lincoln mendapatkan pangkat Kapten.

Namun Lincoln punya satu masalah. Ia tidak tahu apapun tentang ketentaraan. Ia tidak punya pengalaman militer sebelumnya, dan ia tidak tahu apapun tentang taktik. Bahkan prosedur militer yang paling sederhana saja sulit diingatnya. Umpamanya, suatu hari Lincoln sedang memimpin barisan dua lusin pria menyeberangi lapangan dan harus memimpin mereka melewati sebuah pintu gerbang menuju lapangan lainnya. Namun ia tak berhasil. Mengenang insiden tersebut, Lincoln belakangan mengatakan, "Saya sungguh tidak ingat kata komando yang tepat untuk menghentikan barisan saya. Akhirnya, ketika kami sudah dekat dengan pintu gerbang itu, saya berseru: 'Barisan bubar selama dua menit, dan berbaris lagi di seberang sana'".

Dengan berjalannya waktu, tingkat pengaruh Lincoln terhadap lainnya dalam milisia itu malah menurun. Sementara petugas lainnya membuktikan diri serta naik pangkat, Lincoln malah terbalik. Ia memulai karirnya dengan gelar serta posisi kapten, namun itu tidak berhasil. Ia tak dapat mengatasi Hukum Pengaruh. Di akhir wajib militernya, Abraham Lincoln justru menemukan tempatnya yang tepat, yaitu sebagai ajudan.

Untungnya bagi Lincoln - dan bagi nasib bangsa Amerika - ia berhasil mengatasi ketidakmampuannya untuk mempengaruhi orang lain. Usai wajib militernya itu, prestasinya biasa-biasa saja dalam majelis negara bagian Illinois serta Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. Namun dengan berjalannya waktu, banyak upaya serta pengalaman pribadi, akhirnya ia menjadi orang yang sangat berpengaruh serta besar dampaknya.

Inilah peribahasa kegemaran saya tentang kepemimpinan: "Ia yang menyangka memimpin namun tidak punya pengikut, hanya jalan-jalan saja". Jika Anda tidak dapat mempengaruhi orang lain, mereka takkan menjadi pengikut Anda. Dan jika mereka tidak menjadi pengikut Anda, Anda bukan seorang pemimpin. Itulahh Hukum Pengaruh. Apapun yang dikatakan orang lain kepada Anda, ingatlah bahwa kepemimpinan adalah pengaruh - tidak lebih, tidak kurang.

Selanjutnya : Hukum Proses

Comments

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE