Skip to main content

Minta Free Annual ke HSBC

Nih cerita pengalaman minta free annual fee ke HSBC. Ceritanya bermula dari minggu kemaren pas aku terima tagihan. Ternyata free annual fee 1 year sudah abis tuh, dan ada tagihan 300rb. Eleh2. Langsung terbayang2 kudu ngancem customer service supaya bisa dihapuskan itu fee.



http://www.securityextra.com/wp-content/uploads/2008/04/hsbc.jpg



Aku kasih warning dulu, ceritanya ini agak panjang jadi kalo mau baca cari waktu lenggang ya. Tergantung kecepatan km baca, bisa 5 menit, bisa 30 menit... santai aja...



Let's begin :



Tanggal 19 September telepon baik-baik ke Card Center HSBC di Jakarta dengan nomor 64722 seperti tertera di kartu kredit HSBC, ngomong baik-baik minta annual fee dihapuskan dan si Mbak di ujung sana langsung memproses. Terakhirnya dia bilang, karena ini jatuh tempo tanggal 25, nanti dibayar lunas aja dulu. 300rb yang dihapuskan akan di re-fund di bulan berikutnya.



Tanggal 20-23 September aku dan si Fung ngobrol2 soal HSBC ini dan kita sepakat untuk tidak mau membayar yang 300rb tanpa bukti hitam di atas putih bahwa annual fee itu bener2 akan dihapuskan. Karena dulu koko-nya si Fung juga pernah bolak balik Bank untuk masalah re-fund, inti-nya uang yang udah masuk gak gampang gitu keluar lagi. Dan setelah dipikir bolak balik memang bener juga. Kita perlu bukti bahwa uang itu akan di re-fund oleh HSBC, tanpa bukti yang ada hanyalah suara di telepon.



Tanggal 24 September aku telepon HSBC lagi.. dengan mengulang proses seperti tanggal 19 (karena Customer Service yg angkat telepon pasti berbeda orang), kali ini diakhiri dengan meminta bukti tertulis.. dengan kop surat HSBC, di fax dan di post. Si Customer Service bilang gak bisa. Aku bilang, sebagai konsumen, aku perlu bukti tertulis. Si Customer Service tetep bilang gak bisa. Aku bilang kalo begitu coba sambungkan ke Manager nya (gaya Simon) he.he.he... si Customer Service bilang gak bisa juga.. ya aku tetep ngotot minta bukti tertulis.. gak bisa!.. minta!.. gak bisa!.. minta!.. gak bisa!.. mana managernya?!.. gak ada ditempat!.. ya wakil managernya!.. gak ada wakil manager!.. minta bukti tertulis! .. gak bisa!.. Ibu.. ini hari selasa siang, mana mungkin manager Ibu tidak masuk kerja?!.. lagi sakit!.. ya udah aku cuma minta bukti tertulis kok!.. gak bisa!.. aku perlu bukti!.. tuut.. tuuutt.. tuuutttt !!!... halo? halo?



http://pro.corbis.com/images/CB107977.jpg?size=572&uid=%7B7C888D15-E48E-4DCA-832C-2EFE3A9483D2%7D



Seru kagak sih ? ha.ha.ha. coba baca pelan2.. ha.ha.ha. tapi itulah yang terjadi... trus aku pikir sebaiknya ini segera diselesaikan. Aku pergi ke kantor HSBC Bandung di Asia Afrika. Setelah menunggu antrian, aku berbicara langsung dengan customer service kartu kredit. Mulai lagi dari semula. Tapi si Bapak (cowok) kali ini bilang kalau dia tidak bisa buat bukti tertulis karena memang tidak sedia formatnya. Lah? kan tinggal ketik aja langsung di microsoft word / wordpad. apa susahnya?



Anyway.. si Bapak bersedia memberikan bukti tertulis dengan dia menuliskan di lembar tagihan aku. Bahwa aku meminta penghapusan annual fee atau kartu ditutup saja. gitu. Gampang dan cepat. Dan dia bahkan akan mengejar sendiri ke HSBC Jakarta mengenai hal ini, setelah ada kabar dia akan menelepon. Gitu loh. Aku bingung apa susahnya sih kasih bukti tertulis ke konsumen? aneh banget



Lebih hebat lagi, aku gak perlu bayar tagihan 300rb yang ditagihkan dulu.






Tinggal kita tunggu kabar selanjutnya... ada yang mau sharing pengalaman berurusan dengan Bank?

Comments

  1. Kalo setau aku bang,HSBC paling gampang.
    Bilang aja,"saya ga mau bayar annual fee nya.kalau bayar saya tutup aja". Maka dengan segera di hapuskan.Huahahhahahah
    Tapi pernah juga yang kartu tambahan gw,kasusnya sama persis ama kamu.Berhub waktu itu cm Rp.75.000,- kita bayar dulu.Bulan depannya dibalikin kok beneran.
    Tapi tetep saran gw jangan coba2 kalo nominalnya besar :!:

    ReplyDelete
  2. Iya emang rese.. Kemaren urusin tutup CC Citibank.. Bayangin aja, penyelesaian hutang sudah gw lakukan sejak bulan April-Mei.. Setelah itu gw telp CS mau tutup kartu di pingpong sana sini... Yang menyebalkan biasanya setelah ngobrol ama bagian penutupan kartu, setleah ngomong panjang lebar, tiba2 tut tut tut.. Telp lagi susahnya 1/2 matot...

    Setelah selang 3 bulan tagihan Citibank ngga nongol lagi, gw anggap urusannya selesai... Eeeehhh ngga sangka kemaren tagihan Citibank nongol lagi dengan isinya annual fee 300rb.. :D

    yaaaaa gitu la... gw telp aja ke CS nya lagi intinya gw udah ngga mau bayar karena gw rasa kewajiban gw udah beres dan pokoknya gw ngga mau dikirim tagihan lagi...

    ReplyDelete
  3. hmm. untungnya gw pake citibank, biasanya kalo annual fee udah keluar, gw bilang mau redeem pake point, tapi baru keluar bulan depan. biasanya lancar2 aja, udah 2x lancar, gak tau nanti2 yah.. jadi serem :roll:

    ReplyDelete
  4. Nah Mon, dari pengalaman aku, proses yang paling enak tuh langsung ke Bank-nya ngobrol sama Customer Service.. :up:

    ReplyDelete
  5. Gw ada neh pengalaman berurusan dengan Bang.. tapi dapet pengalaman yang baik ko secara dilayani dengan penuh nuh kesabaran nama Bangnya Bang Bam.. (maksa mode on) :roll: he he he alias Bambang (ga nyambung mode on) :?

    ReplyDelete
  6. wakakakkaa.. Bang nya Bambang mmg okeh.. :up: :up: :up:

    ReplyDelete
  7. Gw jg pny CC HSBC, malah ada 2, satu visa satu master, walaupun jrg dipake sih. CC HSBC gw 2 2 nya udah gw pake selama 3 th, en selama ini gw gak pernah byr annual fee.
    Krn tiap x udah dkt2 masa berakhir annual fee nya, gw selalu tlp ke HSBC minta tutup dg alasan gak mau byr annual fee.
    So nanti CS nya akan menawarkan sendiri utk membebaskan dr annual fee. Setiap th gw selalu pake cara itu utk 2 CC HSBC gw en selama ini sih selalu berhasil.

    Pernah jg sih kelewatan tlp (kelupaan), jd tagihan utk annual fee sdh terlanjur dtg. Jd gw tlp ke HSBC, dg alasan yg sama spt diatas, trs CS nya blg agar tagihan annual fee nya diabaikan saja, tdk perlu dibyr, nanti akan dikreditkan kembali. dan ternyata bln dpnnya memang dikreditkan kembali :D

    ReplyDelete
  8. iya Yin, itu yang aku sering denger kan.. kita perlu mengancam untuk minta gratis.. tapi yg aku lakukan itu gak mengancam, cuma telepon, minta annual fee-nya dihapuskan.. gitu loh...

    Cuma kan, kita gak punya bukti sama sekali, apa benar akan dihapuskan atau gak, ya aku tuh minta bukti tertulis.. itu maksud tulisan aku loh. 8) 8)

    ReplyDelete
  9. jadi intinya harus ngancam bang hehehe :lol:

    ReplyDelete
  10. wakaka, kayaknya sih mmg susah bang kalo minta bukti tertulis mah, tapi gpp sih customer boleh minta haknya u/ pegangan dan barang bukti (ciee barang bukti..) :-)

    ReplyDelete
  11. iya, aku ngerti, ko.
    aku sih gak pernah ngancam, ko, selalu blg baik2.
    aku jg gak pernah minta bukti tertulis sm mrk, tapi selama ini gak ada masalah sih.
    mgkn memang dr mereka nya (Pihak CS by Phone) gak menyediakan prosedur utk bukti tertulis itu. beda kl kita dtg ke bank nya lgs :D

    ReplyDelete
  12. iya itu Hak yang menuju kewajiban Wil, tanpa barang bukti, kita gak bisa bilang apa2 kalo ternyata si HSBC gak jadi menghilangkan annual fee...

    ReplyDelete
  13. iya itu salah satu bukti sih, atau kalo gak kita rekam aja, hauaha. sadap sadap :!: :!: :!:

    ReplyDelete
  14. HSBC kayanya kalo denger dr pengalaman adik gw, tinggal blg mau tutup aja, pasti dikasih free annual fee.

    Citibank, kalo gak salah semua percakapan di telp di rekam, jd si custumer service yg jawab gak mungkin aneh2. Pengalaman gw dah lebih dr 10 taun pake citibank ok2 aja, malah kalo ada yg salah kredit (ada tagihan yg bukan punya kita) jg bisa dikoreksi sama dia tinggal protes aja, ngajuin surat (ngisi form).

    Amex, nah kalo ini nyebelin banget... suami gw dulu punya, gara2 kan dulu kalo ke luar negri Amex lbh diakui dimana2, ke hotel/resto, tp belakangan kan Citibank lbh OK. Dah dateng tagihannya telat mulu, eh pas ditutup jg itu tagihan datang2 terus, sampe beberapa bulan nagih annual fee, trus protes ke kantornya, akhirnya bulan2 depan gak keluar lagi tagihan annual fee. eh taunya setaun kemudian lucu banget bisa keluar lagi annual fee lagi... padahal tuh kartu dah dipotong di depan customer service nya waktu pertama kali mau tutup kartu.

    BII, ini nyebelin jg, kebetulan dulu boss gw pake kartu kredit BII, nah gw sebagai bagian keuangan yg ngurusin, gw bayar sejumlah tagihan kartu kredit, tiap bulan gak pernah telat, gak pernah kurang, cuma satu kali kejadian, gw lupa nambahin Rp 2.500 (biaya bank), padahal kan bank2 lain biasanya biaya bank itu ditulis di tagihan kartu kredit, nah si BII tuh gak (gak tau kalo sekarang dah berubah/blm). Gara2 kurang Rp 2.500 tuh kartu kredit di blokir... konyol gak, gw deh kebagian diomelin si boss... Padahal tagihan tiap bulan tuh gak pernah kurang dr 10jt.

    ReplyDelete
  15. kurang Rp. 2.500,- di blok.. gile... gak kira2 :down: :down: :down:

    ReplyDelete
  16. gw tadi ke HSBC. Mau tutup cc gw dan ditawarin free anual katanya masih mau diperpanjang gak. Gw bilang "GAK." terus dia tanya kenapa dan gimana biar saya gak tutup cc itu.

    Jadi gak usah ancem2x koq..bener kata Ester...tinggal bilang tutup gak dipake kurang promo atau apa aja lah alasan juga langsung offer2x yg mengiurkan ditawarkan.

    Anyway, sekarang sih enak punya BCA, Citibank, Mandiri dan Mega. Yang lain lupakan saja lah.. :D

    ReplyDelete
  17. iya, skr mandiri & mega lagi byk promo nya terutama utk kuliner :-)

    ReplyDelete
  18. Sayangnya sekarang mandiri udah gak promo euy untuk nonton di PVJ.. hik. hik. padahal lagi proses pembuatan.. telat ya :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    ReplyDelete
  19. saya cmn punya citibank 1 doank, setia (kayak punya istri cmn boleh 1).. soalnya kalo pny banyak2 juga repot pemeliharaannya.. 8)

    ReplyDelete
  20. Kalo saya malah udah kapok pakai HSBC. Pembayaran bagus, tapi mau nutup aja susah plus ditipu sana sini. Setelah konfirmasi ke CS nya soal berapa jumlah yang harus dibayar untuk bisa ditutup, dan saya bayarkan semuanya, tapi sampai 4 BULAN ke depan terus datang tagihannya dan berlipat (denda). (sekarang jadi 167ribu).

    Saya udah 3 kali dalam 4 bulan telpon service centre nya yang harus menghabiskan rata2 20-30 menit untuk menunggu CS mengecek data. Tetapi sampai sekarang masalah nya belum selesai.

    ReplyDelete
  21. Wah.. emang sih menyebalkan, masa Bank perlu waktu lama untuk cek data... keterlaluan ! HSBC di Bandung terakhir ke sana komplen soal annual fee malah makin parah. CS-nya sekarang gak terima komplen Credit Card. Kita langsung disambungkan dengan Customer Care Jakarta via telepon. Gila kan? Ck ck ck...

    Thanks untuk warningnya... nanti kalo aku mau tutup CC HSBC kayaknya bakal minta surat pernyataan dari CS di HSBC... nasih 167ribu itu gmn tuh? apa bisa tetep ngotot gak bayar? emang asalnya dari mana bisa sampe 167ribu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE