Skip to main content

Tujuh Kesaktian Cuka





Senin, 15 September 2008 | 11:06 WIB



Selain untuk menambah rasa asam, dan menghilangkan bau amis, cuka juga punya manfaat lain. Cuka atau asam asetat ini dapat mengatasi berbagai masalah kebersihan rumah. Mulai dari shower mampet, lantai kusam, hingga membersihkan kerak botol. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

1. Shower Mampet

Air yang mengandung besi, tanah, atau pasir halus, bisa menjadi biang keladinya. Untuk mengatasinya, siapkan satu liter air panas. Kemudian tuangkan satu cangkir cuka makan, dan aduk. Rendam kepala shower dalam larutan tadi, selama 10 menit. Angkat kemudian bersihkan. Teratasi sudah masalah shower mampet.

2. Blender Kotor

Penggunaan blender, biasanya meninggalkan noda. Terkadang noda tersebut sulit dihilangkan. Jika itu terjadi, gunakan campuran air, sabun cuci piring, dan cuka. Tuang campuran itu ke dalam blender dan nyalakan blender selama 30 detik. Buang campuran air tadi, dan bilas dengan air hangat.

3. Lantai Kusam

Lantai keramik yang berusia lebih dari lima tahun, biasanya berubah menjadi kotor dan kusam. Untuk membersihkannya, tuangkan cuka ke permukaan lantai. Diamkan selama lima menit. Kemudian bersihkan dengan kain pel hingga bersih. Pel sekali lagi dengan air untuk menghilangkan bau cuka.

4. Karat pada Logam

Untuk menghilangkan karat, siapkan satu sendok makan cuka dicampur satu sendok teh garam. Gosokkan campuran tersebut, ke bagian perkakas logam, yang berkarat. Setelah karat hilang, bersihkan dengan air, dan keringkan.

5. Guci Pecah

Guci pecah pun bukan lagi masalah. Buat campuran dari satu bungkus agar-agar, satu sendok cuka makan, aduk hingga mengental. Gunakan campuran adonan tadi sebagai lem. Rekatkan setiap bagian pecahan guci. Setelah itu jemur hingga adonan lem kering. Guci pun kembali utuh.

6. Sisa Minyak

Agar noda minyak di panci gampang dibersihkan, tuangkan cuka ke dalam dua liter air. Celupkan panci berminyak ke dalamnya. Noda minyak akan luntur dan setelah itu bilas panci dengan air bersih.

7. Kerak Botol

Kerak pada botol pun bisa dibereskan dengan cuka. Masukkan air sabun ke dalam botol. Tambahkan satu sendok makan abu gosok, dan satu sendok makan cuka. Biarkan selama 10 menit. Kemudian kocok-kocok, dan sikat bagian dalam botol. Kerak dalam botol pun hilang.



IDEA/ANISSA



Reff: http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/15/11065826/tujuh.kesaktian.cuka

Comments

  1. Gile emang sakti Wil.. ck ck ck.. :o :o :o

    Kok fotonya gak muncul ya di aku? aneh :!:

    ReplyDelete
  2. emang ko bang dah cobain semua tipsnya

    ReplyDelete
  3. Belum kok Erl.. Cuka kayak gimana aja gak tau.. ha.ha.ha. yg pasti sih tetep kalah sama Willy, Willy jauh lebih sakti daripada cuka. jauuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhh :x :x :x :x :x

    ReplyDelete
  4. Iya betul....aku sering bersiin panci2 pake cuka campur air segelas trus godog, pas mendidih pake sikat...bersih deh! :D

    ReplyDelete
  5. gelow si bambang, gw dipromosiin gitu.. memang udah pemilihan presiden lagi yah? wakakaka..

    eh cha, pancinya lama2 apa gak jebol?

    ReplyDelete
  6. itu gunanya temen Wil, kita saling mendukung... mending Willy jadi presiden deh daripada Sadam Hussein.. .ha.ha.ha. :up: :up: :up:

    ReplyDelete
  7. Jebol gimana?? enggak kok, pancinya kuat/tebel. 8O

    ReplyDelete
  8. kan pancinya setebal tankbaja...made in Germany gitu loh.. :!: :up: :up:

    ReplyDelete
  9. wahh kalo aku mah bersihin panci pake baking soda.. baking soda is de best.. baking soda yg buat ditaro di kulkas kl udah waktunya diganti aku ga buang.. aku pake buat bebersih panci, bak mandi, sink...

    Kalo cuka + garem takeran half and half itu buat matiin tanaman liar di kebon. *dengan catetan, tanaman liar yg tumbuh di batu, kl tumbuh di rumput ntar rumputnya pada mati semua..*
    Kl tanaman liar tumbuh di rumput, diilanginnya pake sabun cuci piring..
    Nahh kl yg tumbuhnya di atas tanah.. pake boiling water hehehe... :wink:

    ReplyDelete
  10. oh sangkain lama2 teh kalo dikikis jebol, tapi kalo buatan germany mah beda mereun yah..

    wah boleh juga tuh inputannya.. keren si dot berbakat jadi tukang kebun ternyata, haha.. sip sip.. :up: :up:

    ReplyDelete
  11. Wah bener tuh ternyata lebih sakti Baking soda daripada Cuka.. coba2 dijadiin 1 posting jadi nanti kalo butuh, bisa di search... :up: :up: :up: :up: :up:

    ReplyDelete
  12. hahaha...para ibu rumah tangga "based on experience"
    iya kayanya si ci dot berbakat jd tukang kebun...lumayan buat kerja sampingan hahahahha :up:

    ReplyDelete
  13. wahh.. saya mah tidak berkebun.. biasa yg ngurus kebon misoa..
    Ini mah hasil input dari para temen timin dia search di internet, dicoba dan berhasil...
    Kalo kerja sampingan jadi tukang kebon di sini mah bisa2 saya baliQ indo tidaQ dikenali lagi sangking coklatnya kulitku... hikz... :cry:

    ReplyDelete
  14. hmm.. kebon misoa? u mean 'kebun'? or kebun?
    hihihi.. 8O

    memang masih ada rencana balik indo dot?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE