Skip to main content

Sop Buntut Karamel-nya Bikin Ketagihan

SEMUA GARA-GARA hobi makan. Sampai ketika "mentok" tidak menemukan tantangan baru lagi, muncul ide yang awalnya terdengar nekat dan gila, bikin warung makan sendiri! Yap, dengan warung makan sendiri semua ide dan kreasi apapaun soal makanan yang diinginkan bisa dicoba. Dan itula yang dilakukan oleh pasangan suami istri Indra Riana dan Irma Trisnayanti.





Karena pasangan ini menggilai sop buntut, ide awal yang ada di otak mereka adalah membuka warung makan yang isinya soal sop buntut deh. Alhasil, dengan modal nekat sekitar 50 juta dan cabut dari pekerjaan yang menghasilkan gaji tetap, tahun 2004 lahirlah DAPUR BUNTUT.



Berbekal rekomendasi dari beberapa kawan, RILEKS.com mendatangi warung berukuran 2,5 meter x 8 meter [Irma lebih suka menyebutnya warung ber-AC]. Dari luar, semuanya tampak berwarna hijau. "Warna hijau itu memberi kesegaran dan terkesan cerah," jelas Irma yang sempat ngobrol menemani penulis makan.



Lokasinya termasuk gampang dicari. Kalau kamu menuju Kampung Melayu Besar dari arah Tebet menuju Kampung Melayu, tengoklah ke arah kiri. Persis di bagian mulut fly over, ada warung mungil berwarna hijau ngejreng. Di sinilah Dapur Buntut bakal menggoyang lidah Anda dengan sop buntutnya. Mudah bukan?



Tempatnya memang tidak terlalu besar. Dari tempat kita makan pun, kita bisa melihat pesanan kita dimasak. Aromanya langsung terasa. Di daftar menu terpajang daftar seperti Sop Buntut Karamel, Sop Tulang Lunak, Sop Buntut Panggang, Sop Buntut Goreng, Rawon Buntut, Iga Panggang BBQ, Home Made Burger, dan Sirloin/Tenderlin Steak. Ada lagi beberapa menu lain, tapi menu yang tersebut itulah yang selama ini menjadi "incaran" banyak pelanggan.



Penulis memesan Sop Buntut Karamel dan Sop Buntut Tulang Lunak. Mengapa dua menu ini? Pertama, siapa pernah bayangkan sop buntut dikombinasi dengan karamel yang biasa kita temukan di es krim atau cokelat atau kopi, tapi kali ini bareng daging buntut. "Saya suka karamel, sementara suami saya suka sop buntut, ya sudah kita cari-cari gimana caranya supaya bisa dapat dua-duanya. Lahirlah resep hasil eksplorasi ini," jelas Irma lagi.



Kedua, Sop Buntut Tulang Lunak. Penulis membayangkan seperti bandeng presto khas Semarang yang duri-durinya pun bisa kita sikat tandas sampai habis. "Memang begitu, tulang-tulangnya bisa dimakan sampai habis!' tambah Irma lagi.



[caption id="" align="alignright" width="250" caption="Sop Buntut Caramel"]Sop Buntut Karamel[/caption]

Perlu waktu sekitar 15-20 menit sampai pesanan datang ke meja kita. Bagaimana kalau sedang penuh mbak? "Yah mungkin persoalan kita memang waktu pelayanan, karena memang memasaknya kan tidak bisa dilakukan cepat," kilah Irma.



Dari aromanya saja, jujur penulis langsung "meneteskan air liur". Sedaap dan harum. Daging warna hitam dengan harum karamel langsungn penulis hajar. Rasanya memang manis, tapi tidak terlalu manis karena ada lada hitam yang terasa kasar tapi menetralisir rasa manis itu. Bumbu khusus ini kabarnya sengaja dibuat oleh Irma. Sepekan sekali, Irma membikin bumbu karamel ini untuk 100 porsi.



Dipotong pakai sendok pun, dagingnya langsung nyakut karena memang empuk. Masukan pelan-pelan ke mulut dan rasakan paduan karamel dan lada hitam yang "aneh' itu. Ternyata paduan yang 'nyeleneh' itu terasa nendang di mulut. Dengan harga Rp 22.500 per porsi, menu ini patut dicoba!



Menu kedua yang dicoba adalah Sop Buntut Tulang Lunak. Bentuk agak-agak memanjang, karena tulang dan daging menyatu. Kuahnya yang panas, sudah terasa "menganggu" penciuman. Sabar...tambahkan sedikit sambal dan jeruk nipis. Dan cobalah. Kuahnya terasa panas di lidah tapi bumbunya pas. Dagingnya telan pelan-pelan karena empuk dan tidak terlalu sulit dikunyah. Eh tulangnya pun siap disikat, karena memang lunak. Harga standar, Rp 22.500 saja kok.



Pendeknya, sop buntut racikan Irma ini dagingnya cukup empuk, sehingga meluruhdari tulangnya. Apalagi, paduan kuahnya yang nyaris tanpa lemakyang menebal membuat Anda lupa bahwa makanan ini mengandung kolesterol yang cukup tinggi.



[caption id="" align="alignleft" width="311" caption="Sop Buntut Tulang Lunak"]Sop Buntut Tulang Lunak[/caption]

Warung milik Irma ini cukup nyaman untuk berlama-lama. Misalnya, sembari pulang kantor danmenunggu kemacetan, ruangan Irma lumayan ramah untuk disinggahi. Meja dan kursinya yang mungil pas dengan ruangan yang sama imutnya.



Ngiler membayangkan rasanya? Wajar saja, karena memang membuat kita tak sabar untuk mencobanya. Saran penulis, kalau memang mencari sop buntut yang berbeda, coba dulu Sop Buntut Karamelnya. Soalnya, tidak bakal ketemu di tempat lain. [joko.moer/foto: istimewa]



Tertarik? Coba saja berkunjung ke:



DAPUR BUNTUT
Jl. KG Abdullah Syafei No. 50 D
Jakarta 12840
Telp: 021-8310-555
Faks: 021-8304-143

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE