Skip to main content

SYUKURLAH BUKAN SAYA!

[caption id="" align="alignnone" width="512" caption="Not me!"][/caption]

BODY {font-family="Arial"} TT {font-family="Courier New"} BLOCKQUOTE.CITE {padding-left:0.5em; margin-left:0; margin-right:0; margin-top:0; margin-bottom:0; border-left:"solid 2";}




Nah, ini renungan bagus banget kata saya.

Mungkin kepake juga buat temen2 conference, misalnya Bambang sibuk2 ngurusin kopdar, tapi akhirnya gagal. Nah, jangan sampe ada pemikiran, "untung bukan saya EO nya.. " peace :D






e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

e-Renungan Harian       Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 23 Oktober 2008

Bacaan : Lukas 18:9-14

Setahun: Matius 25-28

Nats: Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah

dengan orang yang menangis! (Roma  12:15)


Judul:

SYUKURLAH BUKAN SAYA!


Ketika muridnya bertanya tentang ucapan yang paling disesalinya, sang

guru yang bijaksana menjawab, "Saat saya berkata: Syukurlah bukan

saya!". "Mengapa begitu, Guru?" tanya muridnya lagi. Sang guru lalu

bercerita, "Suatu hari, seorang tetangga mengabarkan bahwa terjadi

kebakaran hebat di desa saya. Sebagian besar rumah di sana habis

terbakar. Rumah saya selamat. Saat itulah saya spontan berkata,

'Syukurlah!' Itulah kalimat yang paling saya sesali, sebab bagaimana

mungkin saya bisa mensyukuri keuntungan diri sendiri di atas

kesusahan orang lain?"


Tidak salah kita bersyukur karena terhindar dari sebuah kejadian

buruk. Akan tetapi, menjadi salah kalau kemudian kita mengabaikan

orang lain yang tertimpa kejadian buruk itu. Tidak bersimpati kepada

orang yang mendapat kemalangan, karena sibuk mensyukuri keberuntungan

diri sendiri. Dalam kasus lain, hal ini mirip dengan sikap orang

Farisi dalam perumpamaan Tuhan Yesus. Ia bersyukur karena "tidak

seperti orang-orang lain yang berdosa" (ayat 11).


Sebagai orang kristiani kita dipanggil untuk hidup dalam kasih

Kristus. Salah satu aspek dari kasih Kristus adalah simpati. Simpati

berasal dari kata Yunani syn artinya bersama dengan (together with),

dan paskhein artinya mengalami, menderita (to experience, to suffer).

Jadi, simpati adalah kesediaan untuk keluar dari perhatian terhadap

kesenangan diri sendiri dengan turut merasakan kesusahan orang lain.

Lawan dari simpati adalah antipati. Senang melihat orang lain susah,

dan susah melihat orang lain senang. Itu bukan sikap kristiani -AYA


JANGAN BERGEMBIRA

DI ATAS KEBURUKAN DAN KESUSAHAN ORANG LAIN



e-RH versi web:             http://www.glorianet.org/rh/102008/23.html


----------------------------------------------------------------------

Ayat Alkitab:           http://www.sabda.org/sabdaweb/?p=Lukas+18:9-14


Lukas 18:9-14


9. Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan

memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan

ini:

10  "Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang

seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai.

11  Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya

Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama

seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim,

bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;

12  aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh

dari segala penghasilanku.

13  Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak

berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan

berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.

14  Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai

orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab

barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa

merendahkan diri, ia akan ditinggikan."



Bacaan Alkitab Setahun:



e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia

Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria


Comments

  1. Kalo menurut aku sih.. syukurlah bukan saya tidak sama dengan syukurlah aku tidak seperti orang2 lain yang berdosa Wil..

    Syukurlah bukan saya lebih keucapan terima kasih karena tidak ditimpa kesusahan, selanjutnya setelah ucapan itu yang penting... apa kita trus bantu orang yang kesusahan atau malah diem aja

    Syukurlah aku tidak seperti orang2 lain yang berdosa itu lebih cocok dengan cerita km... :up: :up: :up:

    ReplyDelete
  2. hmm.. kalo saya sih liat dari contoh ilustrasinya syukurlah bukan saya yang rumah nya kebakaran (yang ditimpa kesusahan)..

    mengenai kita membantu orang yang kesusahan itu saya setuju, minimal ada pemikiran dulu ke arah sana, praktek pelan2, sesuai kemampuan.. hehe.. :up:

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ahli / Tukang Urut di Bandung

Bagi yang pernah kecelakaan, keseleo, tulang keluar dari persendian, patah tulang, dan masalah-masalah lain dengan tulang dan otot, ahli urut atau tukang urut adalah seseorang yang kita andalkan untuk pengobatan alternatif diluar kedokteran. Persepsi masyarakat mengenai lembaga rumah sakit dan kedokteran masih terdapat kebimbangan walau sudah lebih lebih baik dibanding 10 tahun lalu. Masih ada pemikiran dokter + rumah sakit lebih mementingkan test-test yang berlebihan untuk pasien. Disinilah celah yang diisi oleh ahli urut. Ahli urut berperan sebagai seorang dokter dan ahli terapi. Perlu diperhatikan, menurut saya, sebaiknya tetap ke dokter dulu, x-ray kalau memang diperlukan. Apabila tulang retak atau patah, sebaiknya kunjungan ke ahli urut ditunda dulu. Berikut daftar Ahli urut yang berhasil dihimpun berkat teman2 di facebook...

ExoticAzza : Lola

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE

More Nona Manis : Fina

Find out the differences between NonaManis.com, MoreNonaManis.com, ExoticAzza.com and IndoAmateurs.com - read our FAQ or go to  NonaManis.com . Your email program/account might have a spam filter which mistakenly marks our emails as spam. Please make sure to add admin@exoticazza.com, admin@indoamateurs.com and admin@morenonamanis.com to your safe senders list. WARNING: ADULT MATERIALS FOR CONSENTING ADULTS OVER 21 YEARS OF AGE